Kompas TV regional jawa barat

Tim SAR Hentikan Operasi Pencarian Korban Longsor Bandung Barat

Kompas.tv - 31 Maret 2024, 22:52 WIB
tim-sar-hentikan-operasi-pencarian-korban-longsor-bandung-barat
Tim SAR gabungan saar mencari korban yang diduga tertimbun longsor di Desa Cibenda, Kecamatan Cipongkor, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat. (Sumber: Kompas.id/Dok Tim SAR Bandung.)
Penulis : Isnaya Helmi | Editor : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS.TV - Tim SAR gabungan menghentikan proses pencarian korban tertimbun longsor di Desa Cibenda, Kecamatan Cipongkor, Kabupaten Bandung Barat (KBB), pada hari ini, Minggu (31/3/2024). 

Kepala Kantor SAR Bandung Hery Marantika menyebut penghentian operasi SAR dihentikan karena Standar Operasi Prosedur (SOP) tentang pertolongan dan proses pencarian selama tujuh hari.

“Jadi saat ini Tim SAR gabungan telah melaksanakan tugasnya selama tujuh hari pasca-mendapat laporan telah terjadi bencana banjir dan longsor di Desa Cibenda,” kata Hery di Kabupaten Bandung Barat, Minggu.

Menurut penjelasannya, selama satu pekan ini, Tim SAR gabungan telah melakukan pencarian intensif  menggunakan alat-alat bantu dan tim evakuasi yang terlatih, namun tidak ditemukan tanda-tanda keberadaan dari jasad korban.

“Sudah kita perluas sektor, sudah kita tambah personel, bahkan sampai dengan ada dua tim lagi yang kita sisir sampai ke sungai, namun belum ada tanda tanda korban,” jelasnya.

Terkait korban longsor yang belum ditemukan, Hery menyebut akan dilakukan pemantauan oleh Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bandung Barat.

Baca Juga: Longsor Bandung, Hari Kelima Petugas Gabungan Temukan 7 Korban

“Akan kita lanjutkan dengan pemantauan terus berkoordinasi dengan BPBD. Selanjutnya akan proses rekonstruksi dari teman-teman BPBD,” ucapnya.

Menurut penjelasannya, hingga proses hari ketujuh operasi pencarian, dari 10 orang yang dinyatakan hilang, Tim SAR gabungan berhasil menemukan tujuh jasad korban.

“Berbagai upaya telah kita laksanakan, indikasi korban 10 orang, Alhamdulillah tujuh orang ditemukan dan satu orang ini masih dalam proses identifikasi,” jelasnya, dikutip dari Antara.

"Harapan kami satu orang yang masih proses identifikasi ini juga bagian yang kita cari," sambungnya.

Diberitakan Kompas.TV sebelumnya, bencana banjir dan longsor menerjang Kampung Gintung, Desa Cibenda, Kecamatan Cipongkor, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat, Minggu (24/3) malam.

Bencana ini menyebabkan puluhan rumah terdampak dan sejumlah warga hilang diduga tertimbun longsor.

Baca Juga: 6 Hari Hilang, Jenazah ibu Korban Longsor di Desa Sentul Bogor Akhirnya Ditemukan Tim SAR


 



Sumber : Kompas TV/Antara.


BERITA LAINNYA



Close Ads x