Kompas TV regional jabodetabek

Api Ledakan Gudang Peluru TNI Berhasil Dipadamkan, Amunisi Kedaluwarsa Diduga Jadi Pemicu

Kompas.tv - 31 Maret 2024, 10:01 WIB
api-ledakan-gudang-peluru-tni-berhasil-dipadamkan-amunisi-kedaluwarsa-diduga-jadi-pemicu
Penampakan gudang peluru TNI yang kebakaran dan terjadi sejumlah ledakan pada Sabtu (30/3/2024) malam. (Sumber: YouTube Kompas TV)
Penulis : Vyara Lestari

BOGOR, KOMPAS.TV - Kobaran api akibat ledakan Gudang Peluru Daerah (Gudmurah) Kodam Jaya di Ciangsana, Kabupaten Bogor akhirnya berhasil dipadamkan pada Minggu (31/3/2024).

Adapun ledakan gudang peluru milik TNI itu terjadi pada Sabtu (30/3) malam hingga membuat sekitar 160 ribu aminisi yang sudah kedaluwarsa meledak hingga melontarkan peluru ke arah perumahan warga.

Insiden itu sempat membuat warga sekitar panik hingga berlarian menyelamatkan diri.

Pangdam Jaya Mayor Jenderal TNI Mohamad Hasan memastikan, saat ini titik api kebakaran gudang peluru sudah berhasil dipadamkan pada Minggu (31/3/2024) sekira pukul 03.45 WIB.

Baca Juga: Pangdam Jaya Bicara Kondisi hingga Korban Jiwa Ledakan Gudang Amunisi

Sebanyak 27 unit mobil pemadam kebakaran dari DKI Jakarta dan Jawa Barat diterjunkan untuk memadamkan kobaran api.

"Dapat kita pastikan titik api sudah kami padamkan, tapi hingga saat ini masih kita lakukan pendinginan untuk mengantisipasi panas-panas lain yang mungkin terdampak pada hal yang tidak kita inginkan," ucap Hasan, dikutip dari tayangan Kompas TV, Minggu.

Selain memadamkan api, menurut Hasan, timnya juga telah melakukan penyisiran dan pembersihan sisa-sisa material yang terlempar akibat ledakan.

Karena itu, ia mengimbau kepada masyarakat sekitar untuk tetap tenang.

"Kita masih melakukan investigasi di sekitar lokasi untuk melakukan penyisiran dan pembersihan sisa-sisa material yang terlempar dari gudang tersebut," ujarnya.

Baca Juga: Gudang Peluru TNI Kebakaran, Ledakan Hambat Proses Pemadaman

"Kami juga mengimbau seluruh masyarakat di lokasi untuk tenang dan tidak khawatir lagi karena kita nilai dampaknya sudah tidak menimbulkan ledakan lagi."

Lebih lanjut, Hasan mengeklaim para warga yang sebelumnya mengungsi telah kembali ke rumah masing-masing. Warga sempat mengungsi ke tempat yang lebih aman karena khawatir terjadinya ledakan susulan.

Hasan juga menyebut tidak ada korban jiwa akibat ledakan gudang amunisi tersebut.

"Tidak ada korban sampai saat ini, kami hanya menunggu redanya aman, tingkat amannya dari gudang ini untuk diamankan," kata Hasan, dikutip dari Tribun Jakarta.

Dugaan Penyebab Ledakan

Sebagai informasi, ledakan berasal dari gudang nomor 6 yang menyimpan amunisi kedaluwarsa.

Diduga, reaksi amunisi kedaluwarsa itulah yang mengakibatkan ledakan dahsyat tersebut.


 

 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x