Kompas TV regional sumatra

Menikmati Kopi Khop yang Disajikan dengan Gelas Terbalik

Kompas.tv - 1 April 2024, 14:59 WIB
Penulis : KompasTV Aceh

BANDA ACEH, KOMPAS.TV - Kopi Khop merupakan kopi tubruk yang disajikan dengan posisi gelas terbalik. Proses penyajiannya terbilang mudah. Biji kopi sangrai yang telah digiling kasar dimasukan ke dalam gelas, ditambah gula dan kopi sesuai takaran yang pas. Ini adalah kopi khop original. Bila di tambah susu, namanya kopi khop nen, dan jika diberi es, sebutannya kopi tower karena di sajikan dalam gelas besar.

Setiap pesanan kopi khop, pengunjung mendapatkan pipet atau sedotan. Sedotan ini digunakan untuk menyeruput kopi yang keluar dari celah antara gelas dan piring kecil penutup gelas yang dibalik. Sensasi menyeruput kopi ini, bagaimana kita menggunakan sedotan, agar air kopi tidak bercampur dengan serbuk kopinya saat disedot dengan sedotan.

Kedai kopi khop yang ada di Banda Aceh ini, ramai dikunjungi warga untuk menikmati sensasi kopi tubruk gelas terbalik.  Apalagi dibulan ramadhan seperti ini, warga sembari berbuka puasa dapat menyeruput kopi khop sesuai dengan selera, baik rasa kopi original, nen atau kopi tower.

Konon kopi tubruk yang disajikan dengan gelas terbalik ini, berasal dari kebiasaan nelayan pesisir pantai barat Aceh. Para nelayan menikmati kopi sembari mencari ikan. Saat pergi kopi yang ditinggal, dibalik gelasnya agar kopi bisa diminum lagi saat pulang dari mencari ikan. Gelas kopi yang dibalik itu faktanya tetap hangat dan agar terbebas dar cemaran debu atau kotoran saat di tinggal.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x