Kompas TV regional papua maluku

Melihat Keindahan Masjid Quba Berkonsep Dari Madinah Arab Saudi

Kompas.tv - 28 Maret 2024, 18:11 WIB
Penulis : KompasTV Sorong

SORONG, KOMPAS.TV - Masjid Quba terletak di Jalan Selat Sunda Remu Selatan, Kota Sorong, Papua Barat Daya. Ini adalah salah satu masjid tertua yang dibangun sejak tahun 1980, diatas tanah seluas 20 x 20 meter untuk tempat beribadah bagi pedagang Pasar Sentral Remu Sorong. 

Quba sendiri diambil dari nama salah satu masjid yang dibangun oleh Rasulullah, sehingga konsep pembangunan masjid mengambil contoh dari Masjid Quba Madinah, Arab Saudi, agar tetap mengingatkan warga Kota Sorong tentang tanah suci. 

Meskipun berada di tengah pasar, Masjid Quba terkenal dengan keindahannya, karena dibangun dengan konsep modern klasik sehingga tampak dari luar terlihat seperti bangunan ala Timur Tengah.

Hampir sebagian besar ukiran dan ornamen yang ada dalam Masjid Quba berwarna keemasan, sehingga menambah kesan elegan dan mewah, menambah kenyamanan jamaah saat beribadah.

Setelah beberapa kali direnovasi Masjid Quba mampu menampung sebanyak 800 jamaah, bahkan setiap harinya selalu dipadati jemaah untuk melaksanakn sholat, memanjatkan doa dan membaca Alquran.

Pada momen bulan ramadan selalu ada kegiatan yang dilaksanakan seperti tadarus usai sholat tarawih,  ceramah agama dengan imam yang didatangkan dari luar daerah, buka puasa bersama dan pada 10 malam terakhir digelar sahur bersama.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x