Kompas TV regional berita daerah

Ketersediaan BBM dan LPG Jelang Ramadan dan Lebaran di Sumbagsel

Kompas.tv - 28 Maret 2024, 12:14 WIB
Penulis : Kompastv Lampung

PALEMBANG, KOMPAS.TV - Saat ramadan dan lebaran terjadi peningkatan konsumsi BBM dan LPG. Menjaga kelancaraan pasokan pada momen tersebut pertamina membentuk satgas pada 26 Maret 2024 mendatang.

Baca Juga: Mudik Gratis Polda Lampung, 250 Orang Terdaftar ke Jogja & Solo

Hampir sama pada momen ramadan dan lebaran sebelumnya, terjadi peningkatan konsumsi BBM dan LPG, Patra Niaga Sumbagsel mencatatat rata-rata kenaikan masing-masing, BBM Gasoline sebesar 10,42 persen, Avtur naik 6,2 persen dan rumah tangga LPG diprediksi naik 5,33 persen. Namun untuk gasoline akan turun 15 persen saat menjelang lebaran karena truk industri tak beroperasi.

Memastikan kelancarannya pada dua momen tersebut, saatgas dibentuk Pertamina, yang mulai bertugas pada 25 Maret hingga 26 April 2024, selanjutnya di Sumbagsel menyiagakan 10 terminal BBM, 2 terminal LPG, 688 SPBU, 56 SPBE, 400 agen LPG dan 6 DPPU.

Layanan tambahan juga disiagakan, berupa kantong BBM atau SPBU siaga mengantisipasi kemacetan yang sulit ditembus tangki BBM. Perthatian khusus juga diberikan Pertamina pada jalan lintas, seperti tol, pesisir barat dan timur, jalur wisata Lampung, Palembang dan Babel.

Keamanan dan kesiapan sarana dan fasilitas di integrated terminal juga dipastikan optimal dan ketersediaan cukup.

Saat ini rata-rata konsumsi harian BBM di Sumbagsel, gasoil atau solar sekitar 1.763 kilo liter per hari, dan rata-rata konsumsi harian bensin sekitar 2.531 Kl, sedangkan LPG 3 kilogram rata-rata konsumsi harian di sumsel sekitar 833 Metrik Ton.

#bbm #lpg #lebaran



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA


Close Ads x