Kompas TV regional jawa tengah dan diy

Nasi Goreng Kurma Ala Uzbekistan, Kuliner Dengan Cita Rasa Unik

Kompas.tv - 1 April 2024, 20:45 WIB
Penulis : KompasTV Jateng

SEMARANG, KOMPAS.TV - Buah kurma, makanan yang kerap dijadikan menu berbuka puasa biasanya dinikmati dengan cara dimakan langsung. Namun salah satu hotel di Kota Semarang membuat satu menu berbuka puasa berbahan buah kurma, yakni nasi goreng.

Nasi goreng berbahan dasar buah kurma ini bernama plov. Plov sendiri merupakan makanan khas Timur Tengah, yakni Uzbekistan. Plov dipilih menjadi menu andalan karena karakter cita rasanya yang unik.

Bahan-bahan yang digunakan untuk membuat plov cukup mudah ditemui, seperti daging, paprika, wortel, bawang merah dan bawang putih, daun salam, cengkeh, jinten, kapulaga, gula, garam, merica, dan yang paling penting adalah kurma.

Langkah pertama, tumis semua bumbu dengan mentega hingga layu dan harum, penggunakan mentega dalam menu plov memang diharuskan banyak agar lebih berminyak dan gurih. Kemudian masukkan daging, kurma, dan terakhir adalah nasi putih. Semua bahan ini digoreng hingga harum dan kecoklatan.

Plov merupakan nasi goreng yang memiliki cita rasa yang kaya. Manis legitnya buah kurma berpadu dengan rempah yang kuat dan rasa daging yang gurih dan asin, membuat plov memiliki cita rasa yang berbeda dengan nasi goreng pada umumnya.

“Karena menurut saya, plov ini harus hadir supaya membedakan dengan Middle East yang lain, karena Middle East sebenarnya jauh lebih besar dan saya ingin mengangkat bahwa ada daerah Uzbekistan yang semuanya rata-rata mayoritas Islam dengan tradisi Plov ini. Jadi plov ini sama dengan tradisi negara lain tapi karena colorful, manis, dan asinnya ada, dan ada bentuk kurmanya itu, makanya saya pilih plov,” jelas Yonathan Wisnhu, Executive Sous Chef Hotel Louis Kienne Pemuda Semarang.

Nah saudara apakah anda tertarik mencobanya? Dan anda bisa menjadikan nasi goreng kurma ala Uzbekistan ini sebagai menu alternatif berbuka puasa bersama keluarga tercinta.

#menuunik #menubukapuasa #kurma



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x