Kompas TV regional berita daerah

Sensasi Baru! Resep Nasi Goreng Kurma ala Timur Tengah

Kompas.tv - 27 Maret 2024, 13:16 WIB

PEKALONGAN, KOMPAS.TV - Buah kurma, yang sering dijadikan menu berbuka puasa dan biasanya dinikmati dengan cara dimakan langsung, kini menjadi bahan dasar sebuah menu buka puasa di salah satu hotel di Kota Semarang, yaitu nasi goreng.

 

Nasi goreng berbahan dasar buah kurma ini bernama Plov, makanan khas Timur Tengah dari Uzbekistan. Plov dipilih menjadi menu andalan karena karakter cita rasanya yang unik. 

 

Bahan-bahan yang digunakan untuk membuat Plov cukup mudah ditemui, seperti daging, paprika, wortel, bawang merah dan bawang putih, daun salam, cengkeh, jinten, kapulaga, gula, garam, merica, dan yang paling penting adalah kurma.

 

Langkah pertama, tumis semua bumbu dengan mentega hingga layu dan harum. Penggunaan mentega dalam menu Plov memang diharuskan banyak agar lebih berminyak dan gurih. Kemudian, masukkan daging, kurma, dan terakhir adalah nasi putih. Semua bahan ini digoreng hingga harum dan kecoklatan.

 

Plov merupakan nasi goreng yang memiliki cita rasa yang kaya. Manis legitnya buah kurma berpadu dengan rempah yang kuat, dan rasa daging yang gurih dan asin, membuat Plov memiliki cita rasa yang berbeda dengan nasi goreng pada umumnya.

 

Apakah Anda tertarik mencobanya? Anda bisa menjadikan nasi goreng kurma ala Uzbekistan ini sebagai menu alternatif berbuka puasa bersama keluarga tercinta.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x