Kompas TV regional banten

Pemkot Tangsel Tambah Kuota Mudik Gratis 2024 Jadi 1.000 Kursi, 700 Sudah Terisi

Kompas.tv - 26 Maret 2024, 21:30 WIB
pemkot-tangsel-tambah-kuota-mudik-gratis-2024-jadi-1-000-kursi-700-sudah-terisi
Ilustrasi. Pemkot Tangsel Provinsi Banten, mengumumkan penambahan kuota untuk program mudik gratis menjelang Lebaran 1445 Hijriah. (Sumber: hubdat.dephub.go.id)
Penulis : Kiki Luqman | Editor : Edy A. Putra

TANGERANG, KOMPAS.TV - Pemerintah Kota Tangerang Selatan (Pemkot Tangsel), Provinsi Banten, mengumumkan penambahan kuota untuk program mudik gratis menjelang Lebaran 1445 Hijriah.

Sebelumnya, hanya 700 kursi yang tersedia untuk masyarakat yang berencana mudik, namun kini jumlahnya telah ditingkatkan menjadi 1.000 kursi.

"Dari awal kuota 700, sekarang ditambah 300 kuota sehingga total 1.000 kursi," kata Kepala Seksi Angkutan Orang dan Barang Dinas Perhubungan (Dishub) Tangerang Selatan Galang Andika di Tangerang, Selasa (26/3/2024).

"Dari 1.000 kuota yang tersedia, ada delapan jurusan yang mencakup Jawa Tengah, Jawa Timur, Jawa Barat, dan Lampung," tambahnya.

Galang menjelaskan, delapan kabupaten/kota di empat daerah provinsi akan menjadi rute dalam pelaksanaan mudik gratis Lebaran tahun ini.

Baca Juga: Kapolri Jenderal Listyo Sigit Sebut Biaya Tol Gratis saat Mudik Lebaran Jika Terjadi Hal Ini

Peserta yang telah melewati proses verifikasi akan diberangkatkan melalui Terminal tipe C BSD Tangerang Selatan.

Bagi masyarakat yang berminat mendaftar, persyaratannya cukup sederhana, seperti membawa Kartu Tanda Penduduk (KTP), Kartu Keluarga (KK), dan surat keterangan domisili ke kantor Pemkot Tangsel.

Pendaftar mudik gratis juga diminta untuk menyertakan nomor WhatsApp, karena akan diikutsertakan dalam grup WhatsApp untuk informasi lebih lanjut.

Dari 1.000 kursi yang disediakan, sekitar 700 kursi telah terisi sejak hari pertama pendaftaran dibuka.

Galang menegaskan, program ini didanai oleh Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Tangsel tahun 2024.

"Ini menggunakan APBD murni 2024 Kota Tangsel. Lokasi tujuan mudik terbanyak itu ke Solo. Itu bisa sampai 40 persen. Solo itu lima bus," kata dia, dikutip dari Antara.

Baca Juga: 163 Armada Bus Disiapkan Terminal Cicaheum Untuk Arus Mudik


 



Sumber : Antara


BERITA LAINNYA



Close Ads x