Kompas TV regional jawa tengah dan diy

5 Kapal Disiapkan Antisipasi Lonjakan Pemudik di Pelabuhan Tanjung Emas Semarang

Kompas.tv - 25 Maret 2024, 15:55 WIB
Penulis : KompasTV Jateng

SEMARANG, KOMPAS.TV - Ditemui dalam acara pemberian santunan anak yatim, Manager Cabang Pt Dharma Lautan Utama (DLU Semarang), Herman Fajar mengungkapkan, DLU siap menyambut arus mudik lebaran. Sebelumnya hanya menyiapkan empat kapal reguler yang melayani empat lintasan, Semarang-Pontianak, Semarang-Kumai, Semarang-Sampit dan Semarang-Ketapang. Namun untuk antisipasi lonjakan tahun ini, DLU menambah satu kapal lagi yaitu KM Kirana dengan kapasitas 1.000 penumpang dengan lintasan Semarang-Kumai.

“Pada tahun ini, manajemen DLU mengantisipasi dan menambah satu kapal lagi, insy Allah, yaitu KM Kirana dengan kapasitas hampir 1.000 orang untuk lintas Semarang-Kumai. Nantinya bukan hanya untuk lebaran, insyaallah kapal itu akan berlayar secara regular untuk masuk ke lintasan Kalimantan Tengah,” tutur Herman Fajar.

Untuk tahun ini Dlu juga mendapat tugas untuk menyediakan layanan mudik gratis khususnya dari Kumai-Semarang pada tanggal 4 April 2024 dan arus balik H+3 dari Semarang tanggal 24 April 2024.

Sementara itu, Kepala Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Tanjung Emas Semarang, Herwanto mengatakan prinsipnya kesiapan baik sarana dan prasarana serta moda angkutan kapal laut telah siap.

“Keselamatan dan kenyamanan itu menjadi prioritas kita. Insyaallah semuanya sudah terjamin karena terminal penumpang sudah sesuai dengan ketentuan yang ada baik untuk penumpang yang biasa atau yang difabel,” ujar Herwanto.

Herwanto menambahkan untuk posko lebaran sendiri akan dimulai 26 Maret sampai 26 April 2024.

#mudiklebaran #harirayaidulfitri #semarang




Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x