Kompas TV regional jawa tengah dan diy

Ketua DPD Gerindra Jateng: Giant Sea Wall Solusi Atasi Banjir

Kompas.tv - 22 Maret 2024, 13:22 WIB
Penulis : KompasTV Jateng

SEMARANG, KOMPAS.TV - Solusi mengatasi banjir di pantura termasuk di Kota Semarang dengan pembangunan giant sea wall disampaikan oleh Ketua DPD Gerindra Jawa Tengah, Sudaryono. Ke depan pemerintah harus membuat giant sea wall atau tanggul raksasa seperti yang diterapkan di negara Belanda. Pihaknya yakin dengan tanggul raksasa, daerah pantura termasuk Kota Semarang akan terbebas dari banjir.

“Saya kira penting juga untuk dipikirkan penanggulangan jangka panjang. Saya yakin warga Semarang, khususnya yang di pesisir sepakat dengan program pemerintah namanya giant sea wall, tanggul raksasa, supaya tidak ada banjir lagi, tidak ada penurunan tanah lagi, tidak ada naiknya air laut lagi, sehingga banjir itu bisa kita tanggulangi. Jadi kita niru Amsterdam kita niru Belanda. Belanda itu kan permukaan tanahnya lebih rendah dibandingkan laut, tapi tetap piye carane ora kebanjiran itu kita tiru,” tuur Sudaryono

Dirinya mengatakan pembangunan giant sea wall ini sudah menjadi keinginan Presiden Joko Widodo dan akan diteruskan oleh Prabowo.

“Untuk saat ini kan ada keinginan dari Pak Jokowi yang nanti akan diteruskan oleh Pak Prabowo itu adalah pembangunan giant sea wall, bagaimana tanggul-tanggul raksasa seperti di Belanda, sehingga di pantura di pesisir ini nggak ada yang namanya banjir banjir lagi,” sambungnya.

Sudaryono juga mengapresiasi langkah kader Gerindra Kota Semarang yang melakukan gerak cepat membantu warga korban banjir. Menurut Mas Dar panggilan akrab Sudaryono, langkah yang dilakukan ini adalah murni sosial bukan politik.

#gerindra #giantseawall #sudaryono




Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x