Kompas TV regional sulawesi

Masjid Katangka, Masjid Tertua Di Sulsel

Kompas.tv - 20 Maret 2024, 16:08 WIB
Penulis : KompasTV Makassar

GOWA, KOMPAS.TV - Masjid tua katangka dibangun pada tahun 1603 m oleh raja gowa XIV i mangngarangi daeng Manrabbia. Awalnya masjid ini disebut masjid al hilal atau masjid tua al hilal katangka.  Katangka diambil dari nama sebuah pohon yaitu 'katangka' pohon yang terkenal keramat pada masa raja i Tumanurung.

Masjid tua katangka didirikan di atas lahan dengan luas sekitar 150 meter persegi. Tahun berdirinya masjid ini dapat dilihat dari prasasti yang terdapat di bagian depan pintu masjid. Di prasasti itu tertulis bahwa masjid tua katangka didirikan pada tahun 1603 m. Sebagai bangunan sejarah yang dibangun pasa masa kolonial belanda sekaligus sebagai tempat menyambut tamu kesultanan   masjid ini tentu mendapat banyak pengaruh dari berbagai budaya. Terlebih pada segi arsitekturnya.

Gerbang utama masjid ini berwarna putih nieuwe bouwen. Warna ciri khas gaya arsitektur kolonial belanda.  Gerbang ini juga mengadopsi ornamament kolonial belanda yaitu ornament gawel yang bervariasi pediment yaitu semacam ornamen berbentuk segitiga bagian atap terdapat mustaka atau keramik guci yang konon katanya berasal dari negeri cina. Sedangkan material atap menggunakan material genteng yang didatangkan khusus dari belanda.

Sementara kebudayaan jawa dapat dilihat dari bentuk atap masjid yang berbentuk seperti atap joglo.

Mimbar masjid ini memiliki perpaduan karakter cina arab dan makassar. Bentuknya menyerupai atap klenteng dan sekitar mimbar terdapat keramik yang berbentuk loster buatan cina. Juga ada ukiran menggunakan tulisan arab tetapi berbahasa makassar.

Filosofi agama islam juga kental disini sebut saja 5 pintu utama yang menggambarkan 5 rukun islam  dan 6 jendela ibarat 6 rukun iman. Jendela pada masjid tua katangka berbentuk seperti jendela yang berasal dari budaya kolonial belanda. Di kompleks masjid ini juga terdapat makan raja-raja gowa terdahulu.


#masjidtertua
#katangka
#kerajaangowa



Sumber : Kompas TV Makassar

BERITA LAINNYA



Close Ads x