Kompas TV regional berita daerah

Antusias Uji KIR Jelang Mudik Lebaran Meningkat, Ini Syarat Kendaraan Laik Jalan!

Kompas.tv - 20 Maret 2024, 15:49 WIB

PEKALONGAN, KOMPAS.TV - Suasana area parkir Dishub Kabupaten Batang tidak seperti biasanya. Kendaraan-kendaraan menunggu giliran pemeriksaan petugas ramp check atau uji KIR. Kendaraan bermotor angkutan Lebaran, baik barang maupun penumpang, satu per satu diperiksa petugas. Pemeriksaan meliputi kelengkapan surat-surat dan kelengkapan lainnya, seperti lampu penerangan, cek kekuatan rem, dan lainnya.

 

Pemeriksaan rutin ini wajib dilakukan. Pemilik kendaraan harus memeriksakan kondisi kendaraannya laik jalan atau tidak. Kegiatan ini juga penting dilakukan demi kendaraan aman dan nyaman, khususnya angkutan umum.

 

Menjelang arus mudik Lebaran tahun ini, antusias masyarakat dalam ketaatan untuk melakukan proses pengujian kendaraan atau uji KIR mengalami peningkatan yang signifikan. Dari hari biasanya hanya di kisaran 25-an unit kendaraan penumpang maupun barang, saat ini bisa mencapai di kisaran 40 sampai 50 unit per harinya.

 

Uji KIR, selain sebagai persyaratan administrasi kelengkapan surat-surat jalan, juga wajib lolos uji emisi gas buang, kecerahan kaca lampu, kinclup roda, rem dan berat sumbu, dan ruang kecepatan.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x