Kompas TV regional berita daerah

Harga Ayam Tembus Rp 46 Ribu/Kg di Tegal! Pedagang & Pembeli Menjerit, Kenapa?

Kompas.tv - 19 Maret 2024, 13:43 WIB

PEKALONGAN, KOMPAS.TV - Harga daging ayam di Pasar Bandung, Kota Tegal, telah mengalami dua kali kenaikan signifikan dalam sepekan terakhir. Pada awal puasa (10/3/2023), harga daging ayam yang semula Rp 38 ribu per kilogram naik menjadi Rp 42 ribu per kilogram.

 

Belum genap sepekan, harga daging ayam kembali mengalami lonjakan cukup signifikan. Dari Rp 42 ribu per kilogram, kini naik menjadi Rp 45 ribu hingga Rp 46 ribu per kilogramnya.

 

Rosti, pedagang daging ayam, mengatakan bahwa kenaikan harga daging ayam terjadi secara bertahap dalam sepekan terakhir. Melonjaknya harga daging ayam yang cukup signifikan membuat omzet penjualannya menurun. Banyak konsumen yang mengurangi jumlah pembeliannya.

 

Rosti menduga melonjaknya harga daging ayam pada pekan pertama puasa ini disebabkan oleh naiknya harga pakan dan distributor yang memanfaatkan momen puasa dengan menaikkan harga jual ayam ke pedagang.

 

Melonjaknya harga berbagai kebutuhan pangan membuat ibu-ibu rumah tangga kelabakan. Mereka pun terpaksa mengurangi jumlah pembelian untuk menghemat biaya.

 

Pedagang dan pembeli berharap harga daging ayam dan kebutuhan pangan lainnya yang saat ini tengah melonjak segera stabil kembali. Warga menginginkan harga kebutuhan lebih terjangkau dan stabil, dan pemerintah tidak lagi membagikan bantuan sosial.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x