Kompas TV regional sulawesi

Satu ABK Kapal Tenggelam di Selayar Sulsel Ditemukan, 20 Orang Masih Hilang

Kompas.tv - 16 Maret 2024, 15:02 WIB
satu-abk-kapal-tenggelam-di-selayar-sulsel-ditemukan-20-orang-masih-hilang
Ilustrasi kapal tenggelam. Satu dari 21 anak buah kapal (ABK) kapal motor Yuiee (Dewi) Jaya 2 ditemukan terdampar di pinggir Pantai Pulau Kayuadi, Selayar, Sulawesi Selatan atau Sulsel. (Sumber: Thinkstock via Kompas.com)
Penulis : Isnaya Helmi | Editor : Desy Afrianti

MAKASSAR, KOMPAS.TV - Satu dari 21 anak buah kapal (ABK) kapal motor Yuiee (Dewi) Jaya 2 ditemukan terdampar di pinggir Pantai Pulau Kayuadi, Selayar, Sulawesi Selatan atau Sulsel.

Kepala Kantor Basarnas Makassar Mexianus Bekabel menyebut satu ABK tersebut ditemukan dalam keadaan meninggal dunia.

"Kami terima informasi dari tim di lapangan bahwa telah ditemukan satu orang ABK Yuiee Jaya 2 terdampar di Pantai Kayuadi dalam keadaan meninggal dunia, dan langsung dievakuasi Tim SAR gabungan," kata Mexianus di Makassar, Sabtu (16/3/2024).

Usai dievakuasi, ia menyebut, pihaknya berkoordinasi dengan Polsek setempat dan melakukan proses identifikasi terhadap jenazah.

Setelah teridentifikasi, diketahui ABK yang ditemukan meninggal dunia tersebut bernama Ahmad Ilham Kholis. 

"Jenazah korban kita lakukan identifikasi dengan melihat adanya tanda khusus di badan korban yang bisa dikenali oleh rekan ABK-nya, dan langsung melakukan kontak video bersama istri korban yang diyakini bahwa korban adalah keluarganya," ujarnya.

Saat ini korban sudah dimakamkan oleh masyarakat di pulau Kayuadi Selayar setelah mendapatkan persetujuan dari pihak keluarga.

"Karena tidak memungkinkan untuk membawa jenazahnya kembali ke kampung halamannya," ucapnya.

Baca Juga: Kronologi Tragedi Kapal Penangkap Ikan Dewi Jaya 2 Tenggelam di Perairan Selayar

Dengan ditemukannya satu korban, maka terdapat 20 ABK yang masih hilang.

Mexianus pun menegasakan Tim SAR gabungan masih terus melanjutkan pencarian terhadap 20 ABK Yuiee Jaya 2.

Pencarian, lanjut dia, dengan mengerahkan KN Sar Kamajaya 104 dan melibatkan 3 RIB (Rigid Inflatable Boat), perahu nelayan, serta telah dibantu oleh TNI AU untuk melakukan pencarian melalui udara.

"Kita akan tetap fokus mengoptimalkan pencarian terhadap 20 korban lainnya dengan menyisir pulau-pulau sekitar, mudah-mudahan kita bisa menemukan segera korban lainnya," ujarnya dikutip dari Antara.

Diberitakan sebelumnya, KM Yuiee Jaya 2 yang mengangkut 35 orang kru tenggelam di wilayah Perairan Kepulauan Selayar, Sulawesi Selatan (Sulsel), Sabtu (9/3/2024).

Peristiwa tragis tersebut terungkap setelah ada nelayan dan warga yang melaporkan ke petugas piket Basarnas mereka menemukan sebanyak 13 orang terdampar di perairan pada Selasa (12/3). Di mana dua di antaranya ditemukan meninggal dunia. 

Baca Juga: Detik-Detik KM Balibo Dihantam Gelombang Tinggi di Perairan Kepulauan Selayar



Sumber : Kompas TV/Antara


BERITA LAINNYA



Close Ads x