Kompas TV regional berita daerah

Rakorsus Pemkot Makassar Fokus Low Carbon City bersama Metaverse

Kompas.tv - 15 Maret 2024, 10:46 WIB
rakorsus-pemkot-makassar-fokus-low-carbon-city-bersama-metaverse
Rakorsus Makassar Usung Tema Low Carbon City, Gubernur Sulsel : Sesuai Program Jangka Panjang Sulsel (Sumber: Istimewa)
Penulis : KompasTV Makassar

MAKASSAR, KOMPAS.TV - Rapat Koordinasi Khusus (Rakorsus) Pemerintah Kota Makassar Tahun 2024 yang mengusung tema Makassar Low Carbon City with Metaverse, turut dihadiri Penjabat Gubernur Sulsel, Bahtiar Baharuddin, di Hotel Sheraton By Four Points, Makassar, Senin, 26 Februari 2024. 

Hadir pula Kepala Badan Strategis Kebijakan Dalam Negeri Kemendagri, Yusharto Huntoyungo. Serta sebagai narasumber ahli tingkat nasional dan internasional, yakni Rima Ginanjar, Partha Sarathi, dan Supardi Tan.

Bahtiar Baharuddin dalam sambutannya mengapresiasi ide dan gagasan dari Wali Kota Makassar, yang melakukan rembug kota yang dihadiri 1.200 peserta, termasuk menghadirkan ahli di bidangnya. 

"Rembug kota ini dihadiri oleh para narasumber skala nasional dan internasional ini yang luar biasa. Seluruh pejabat SKPD dan pemangku kepentingan di Kota Makassar semua dilibatkan," kata Bahtiar.

Para pembicara berasal dari lima negara. Mereka adalah Helen Santiago Fink Program Manager Of US-ASEAN Smart City Partnership (USASCP) U.S Departement Of State (EAP/MLA) Cherokee Nation 3S Washington SD (Amerika Serikat)

Hirotsugu Kato Excecutive Officer At Oriental Consultan Global Japan (Jepang), Long Ji Sheng selaku Doctor Waste Management Planning and Engineering Shanghai SUS Environment (Cina).

Wangda Zuo Professor Architectural Engineering Pennsylvnia State University (Amerika Serikat),

Tony Wong Professor Sustainable Development Monash University (Australia), dan Jon Lim Senior Vice President International Business Development ST Engineering (Singapura).

“Narasumber semuanya sudah siap, kita hadirkan juga narasumber International melalui zoom dan saya kira sangat bermanfaat ilmu yang diberikan nanti,” kata Kepala Bappeda Kota Makassar Andi Zulkifli Nanda.

Andi Zulkifli juga meminta seluruh OPD untuk melahirkan inovasi yang berkaitan dengan Low Carbon. Ini sejalan dengan tema Rakorsus tahun ini yaitu “Makassar Low Carbon City dengan Mataverse”.

“Kita sudah sampaikan kepada seluruh OPD agar menyampaikan inovasinya terkait Low Carbon City. Sekaligus menyampaikan capaian inovasi yang sudah dibuat selama dua tahun  terakhir,” tuturnya.

“Low Carbon ini sebenarnya antisipasi Pemkot Makassar dalam menghadapi perubahan iklim. Makanya pak waki fokus membuat program dan kegiatan berbasis ramah lingkungan,” tambah Zulkifli Nanda.

Selain menghadirkan pembicara dari luar negeri, Rakorsus Pemkot Makassar juga menghadirkan narasumber nasional

Seperti Rima Ginanjar Zero Carbon Architecture Expert, Supardi Tan Digital Ecosystem Expert, dan Partha Sarathi Metro Capsul Expert.


#lowcarboncity
#Dannypomanto
#walikotamakassar



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x