Kompas TV regional berita daerah

Seru! Mencoba Olahraga Berkuda di Siger Horse Lampung

Kompas.tv - 14 Maret 2024, 16:57 WIB
Penulis : Kompastv Lampung

LAMPUNG, KOMPAS.TV - Siger Horse menjadi salah satu pusat olahraga berkuda di Bandar Lampung. Disini ada berbabagi berbagai paket yang bisa dipilih diantaranya paket joy ride, endurance ride, private lesson hingga wisata edukasi berkuda.

Baca Juga: Produsen Cendol dan Cincau Keluhkan Bahan Baku Mahal!

Sebagai pemula kali ini saya mencoba memilih paket joy ride. Sebelum berkuda saya pun harus melakukan pendekatan dengan kuda yang akan saya tunggangi seperti mengelus kepalanya hingga memberi makanan buah atau sayur.

Yang harus diperhatikan juga tentu kita harus mengetahui terlebih dahulu apa saja atribut yang dipakai oleh kuda seperti pelana, tali hingga pijakan kaki. Tak lupa demi keselamatan maka saya pun juga harus mengenakan helm dan sepatu yang sesuai standar.

Setelah diberikan pemahaman tentang teknik-teknik dasar berkuda sampai dengan cara mengendalikan kuda di dalam arena, saya mulai memberanikan diri untuk latihan berkuda yang tentu tetap diawasi dengan ahlinya.

Terdapat 3 teknik dasar dalam berkuda yaitu walk, throt dan canter. Teknik walk dapat digunakan bagi pemula, teknik throt dilakukan untuk menghasilkan kuda yang berlari kecil dan teknik canter atau teknik berjalan yang paling cepat. Teknik ini lebih sulit karena penunggang harus bisa menyeimbangkan badan ketika kuda berlari dalam kecepatan tinggi.

Banyak hal yang bisa kita ambil dari olahraga berkuda diantaranya kegigihan, ketangguhan hingga ketenangan hati dan batin. Bahkan dalam islam olahraga berkuda merupakan olahraga sunah yang dianjurkan oleh Nabi Muhammad.

Rasulullah SAW juga banyak menceritakan dalam hadist tentang kuda dan kuda merupakan binatang yang paling banyak disebutkan dalam al qur’an salah satunya dalam quran surat al adiyat yang memiliki arti kuda perang yang berlari kencang.

Seekor kuda merupakan binatang yang memiliki perasaan. Maka ketika kita menunggangi dengan perasaan tenang, kuda pun akan turut merasakannya.

Kesan menunggangi kuda pertama kali ternyata tidak hanya saya rasakan namun beberapa pengunjung lainya di Siger Horse Lampung yang juga memiliki ketertarikan khusus setelah pertama kali mencoba berolahraga kuda.

Di Siger Horse ini juga membuka paket wisata edukasi untuk anak-anak sekolah. Mereka akan belajar tentang kuda mulai dari cara merawat hinggat mengenal manfaatnya.

Setelah pertama kalinya saya olahraga berkuda ini akan saya pikirkan untuk lebih serius agar kedepan dapat kembali saya lakukan olahraga sunnah yang satu ini.

#berkuda #puasa #olahragasunnah




Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x