Kompas TV regional berita daerah

Mesjid Hunto Saksi Sejarah Islam Masuk Ke Gorontalo

Kompas.tv - 13 Maret 2024, 14:39 WIB
Penulis : KompasTV Makassar

GORONTALO, KOMPAS,TV - Di gorontalo ada  masjid tua bersejarah . Masjid ini merupakan salah satu jejak sejarah masuknya agama islam . Dari ceritanya  masjid ini merupakan mahar seorang raja terhadap putri putri asal gorontalo yang dinikah raja sultan amay. 

Inilah masjid tua yang diberi nama masjid hunto sultan amay yang terletak di kelurahan biawu  kota gorontalo provinsi gorontalo. Meski tergolong tua  bangunannya masih berdiri kokoh hingga saat ini .

Mesjid hunto sultan amai dibangun tahun 1495 oleh raja sultan amai yang akhirnya menjadi awal mula pusat penyebaran agama islam di daerah ini .

Mesjid ini dibangun sebagai mahar kepada putri pujaannya bernama boki autango dari kerajaan palasa sulawesi tengah . Raja sultan amay  sendiri merupakan warga keturunan tionghoa asal aceh  yang berkuasa di gorontalo pada masa tahun 1472 hingga 1550.

Mesjid hunto sultan amai juga menjadi pusat kegiatan serta basis penyebaran agama islam . Ulama dari arab saudi yakni syekh  syarif abdul aziz juga pernah datang dan membantu penyebaran agama islam di gorontalo.

Kini mesjid ini telah ditetapkan sebagai cagar budaya oleh pemerintah  dan menjadi objek wisata religi di gorontalo.

 

 

#masjidamay
#gorontalo
#masjidhunto



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x