Kompas TV regional jawa tengah dan diy

Anggaran Dana Bos Harus Ditambah Jika Dialokasikan Makan Siang Gratis

Kompas.tv - 11 Maret 2024, 11:22 WIB
Penulis : KompasTV Jateng

SEMARANG, KOMPAS.TV - Pro kontra wacana penggunaan dana bantuan operasional sekolah atau BOS untuk makan gratis menuai banyak tanggapan berbagai pihak salah satunya pengamat pendidikan yang juga anggota Komisi E DPRD Jawa Tengah, Muh. Zen yag akhirnya ikut angkat bicara.

Menurutnya, penggunaan dana BOS bisa dilakukan jika anggaran dana bisa ditingkatkan. Sejauh ini Dana BOS dinilai masih minim belum optimal untuk menunjang operasional sekolah.

Jika unsur krusial penenuhan pendidikan siswa terpenuhi, menurut Muh. Zen tidak masalah menggunakan dana BOS. Namun menurutnya, selama ini alokasi anggaran BOS di sekolah terbatas sehingga perlu penambahan anggaran BOS.

“Mestinya kebutuhan operasional pendidikan itu dipenuhi dulu, hari ini dana BOS saya kira sangat minim, masih banyak yang harus diberikan kepada sekolah untuk biaya operasional. Kalo kita mua meningkatkan mutu pendidikan, sekali lagi pendidikan itu urusan wajib, pelayanan dasar, urusan soal menyangkut masa depan bangsa ini, maka kalo anggaran BOS Cuma segitu. Kemudian masih dibebankan untuk kebijakan makan siang gratis atau susu gratis maka sangat tidak rasional gitu. Oleh karena itu saya berharap dana BOS itni ditingkatkan anggaranya,” kata Muh Zen.

Muh. Zen meminta pelaksanaan makan gratis harus dilakukan secara profesional tanpa masalah di kemudian hari. Pemerintah juga harus mengkaji apakah pelaksanaan diserahkan ke kantin sekolah masing-masing atau melibatkan pihak ketiga.

#dprdjateng #danabos #makansianggratis



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x