Kompas TV regional jawa tengah dan diy

Jelang Mudik Lebaran, Bandara Ahmad Yani Maksimalkan AI

Kompas.tv - 7 Maret 2024, 17:25 WIB
Penulis : KompasTV Jateng

SEMARANG, KOMPAS.TV - PT Angkasa Pura Satu, Kantor Cabang Bandara Internasional Jenderal Ahmad Yani Semarang mewaspadai adanya potensi gangguan keselamatan operasi penerbangan di landasan pacu bandara. Sebagai upaya antisipasi terjadinya gangguan tersebut pihak Bandara Ahmad Yani Semarang pun telah melakukan pemetaan potensi gangguan.

General Manager Bandara Internasional Jendral Ahmad Yani, Fajar Purwawidada mengatakan potensi gangguan keselamatan operasi penerbangan di landasan pacu antara lain dikarenakan oleh serangan hewan liar atau burung, dan genangan air saat saat hujan deras.

Sehingga pihaknya melakukan upaya penanganan dengan memanfaatkan artificial intelligence (AI) untuk membantu memonitor semua kegiatan atau fasilitas yang dibutuhkan penumpang termasuk masalah potensi gangguan hewan liar maupun burung. Bahkan, Bandara Ahmad Yani telah memasang dua puluh item CCTV di sepanjang landasan pacu.

“Beberapa kendala atau potensi gangguan sudah dimitigasi dan dikoordinasikan antar stakeholder. Mudah-mudahan semua hambatan bisa diatasi dengan baik agar mudik lebaran berjalan dengan lancar,” harap Fajar Purwawidada.

Upaya-upaya yang dilakukan Bandara Ahmad Yani Semarang untuk memastikan keamanan dan kenyamanan para pengguna jasa dalam melakukan perjalanan menggunakan transportasi udara.

#mudiklebaran #bandaraahmadyani #artificialintelligence



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x