Kompas TV regional jawa tengah dan diy

Jaga Ketahanan Pangan di Kota Semarang, Mbak Ita Libatkan PKK

Kompas.tv - 6 Maret 2024, 14:00 WIB
Penulis : KompasTV Jateng

SEMARANG, KOMPAS.TV - Bersama tim penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga atau PKK Kota Semarang, Senin (4/3/2024) pagi, Wali Kota Semarang Hevearita Gunaryanti Rahayu,  turut serta dalam acara panen sayur selada dan gerakan menanam lombok di urban farming Kecamatan Mijen.

Kegiatan ini merupakan rangkaian acara dalam rangka memperingati Hari Kesatuan Gerak PKK ke-52 yang ditandai dengan penanaman cabai serentak se-Indonesia secara virtual oleh Ibu Negara Iriana Joko Widodo, yang bertujuan untuk menekan inflasi komoditi cabai.

Dalam kesempatan ini, Wali Kota Semarang yang akrab disapa Mbak Ita ini mendorong aktivitas PKK ikut terlibat dalam menciptakan ketahanan pangan melalui urban farming dan penanaman komoditas pangan.

Program menanam cabai serentak ini sebenarnya bukanlah hal yang baru bagi Kota Semarang. Sebelumnya, setahun lalu Mbak Ita juga pernah mencanangkan program Tancab Bang Tani atau tanam cabai dan bawang untuk tekan inflasi.

Tak hanya cabai dan bawang, Mbak Ita juga mendorong tim penggerak PKK untuk memproduksi komoditas lain termasuk selada yang saat ini sedang dipanen.

Menurut Mbak Ita, tujuan dari Tancab Bang Tani adalah menjaga ketahanan pangan dan menekan inflasi.

“Ini adalah salah satu gerakan yang dilakukan oleh Pemkot Semarang, untuk menjaga ketahanan pangan dan menekan inflasi. Kemudian (gerakan) ini sebenarnya tidak hanya menanam saja tetapi dari PKK juga ada championship gerakan menanam cabai,” tambah Mbak Ita.

Mbak Ita berharap PKK Kota Semarang semakin aktif dan bisa berkolaborasi dengan dinas pertanian dan perguruan tinggi. Dengan keterlibatan PKK dalam program ini selain turut menjaga ketahanan pangan dan menekan inflasi, juga bisa meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

#pkksemarang #walikotasemarang #ketahananpangan



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x