Kompas TV regional jawa tengah dan diy

Mengenalkan Kebinekaan, Sekolah Dasar Mengadakan Gelar Karya

Kompas.tv - 5 Maret 2024, 13:06 WIB
Penulis : KompasTV Jateng

SEMARANG, KOMPAS.TV - Gelar karya di SD Negeri Sendangmulyo 03 Kota Semarang diadakan di halaman sekolah dengan dihadiri Kepala Dinas Pendidikan Kota Semarang pada Senin (4/3/2024).

Selain menampilkan tarian nusantara, siswa juga menggelar stand bazar dengan menampilkan keunikan dan ciri khas daerah, baik dari kostum adat, makanan khas hingga ragam budaya daerah tersebut.

Kepala SD Negeri Sendangmulyo 03 Kota Semarang, Kuntarti Endah Sarini, menegaskan gelar karya ini sengaja mengangkat tema Bhinneka Tunggal Ika agar anak-anak mengenal ragam budaya di Tanah Air. Dengan mengenakan kostum adat dari masing-masing daerah, siswa tetap rukun, kompak, bersatu dan berprestasi. Kegiatan ini juga merupakan implementasi Program Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila atau P5.

“Gelar karya SD Negeri Sendangmulyo 03 bertemakan Bhinneka Tunggal Ika karena mengimplementasikan kurikulum merdeka. Diharapkan, anak-anak bisa mengenal kebudayaan-kebudayaan yang ada di Indonesia,” ujar Kuntarti.

Kepala Dinas Pendidikan Kota Semarang, Bambang Pramusinto, menyampaikan apresiasinya dengan diadakannya acara gelar karya ini.

“Hari ini, saya bersama anak-anak, para guru, dan orang tua melaksanakan gelar karya P5. Ada banyak penampilan-penampilan menarik yang disajikan oleh anak-anak yang mengambil tema Bhineka Tunggal Ika. Kegiatan ini bukan hanya meningkatkan kesadaran terhadap keberagaman Indonesia, namun juga meningkatkan nilai kreativitas para siswa,” ungkap Bambang.

Selain gelar karya, sekolah juga meluncurkan buku antologi puisi yang berisi kumpulan karya-karya siswa.

#bhinnekatunggalika #gelarkarya #semarang



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x