Kompas TV regional papua maluku

Ombak Pantai Dela Tambrauw Tawarkan Potensi Selancar Bagi Wisatawan

Kompas.tv - 29 Februari 2024, 15:18 WIB
Penulis : KompasTV Sorong

TAMBRAUW, KOMPAS.TV - Pantai Dela yang terletak di Distrik Selemkai, Kabupaten Tambrauw, Papua Barat Daya menjadi salah satu destinasi wisata potensial yang dapat memanjakan para peselancar asal Indonesia maupun luar negeri. Karena pantai ini terkenal dengan ombaknya.

Untuk mengakses Pantai Dela, wisatawan bisa menggunakan moda transportasi darat, dengan mobil double gardan karena sepanjang perjalanan, akan melewati perbukitan dengan waktu tempuh tiga sampai empat jam.

Sepanjang jalan menuju ke Pantai Dela, wisatawan juga akan disuguhkan dengan pemandangan alam perbukitan dan hutan Kabupaten Tambrauw, yang masih asri dengan udara sejuk.

Pantai surganya peselancar ini berada di dalam perkampung dela dan masih jarang dikunjungi oleh wisatawan. Pantai yang dijaga oleh masyarakat setempat ini, potensial untuk dilaksanakan event peselancar internasional karena ketika air pasang ombaknya bisa mencapai 3 hingga 4 meter.

Selain terkenal dengan ombaknya, pantai dela ini setiap tahun sekali, khususnya pada bulan April hingga Mei akan didatangi penyu belimbing untuk bertelur, karena tidak terdapat karang pada laut pantai dela. Belum lagi terdengar kicauan beberapa jenis burung yang bermain di sepanjang pantai.

Menurut Kepala Kampung Dela, Musa Gifelem, pantai ini beberapa kali setempat dikunjungi wisatawan asing untuk menyelam, menyaksikan wisata sejarah satu pesawat amerika yang pernah jatuh saat perang dunia ke II.

Diharapkan pemerintah dapat melibatkan masyarakat untuk mengembangkan wisata Pantai Dela, agar ramai dikunjungi wisatawan dan bisa meningkatkan ekonomi masyarakat setempat.

Nah saudara, bagi anda yang penasaran dan ingin melihat wisata pantai ombak surganya para peselancar ini, bisa berkunjung langsung ke Pantai Dela Tambrauw.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x