Kompas TV regional jabodetabek

Partai Buruh Demo di Depan Istana Hari Ini, Tuntut Pemerintah Turunkan Harga Kebutuhan Pokok

Kompas.tv - 29 Februari 2024, 08:12 WIB
partai-buruh-demo-di-depan-istana-hari-ini-tuntut-pemerintah-turunkan-harga-kebutuhan-pokok
Foto arsip. Partai buruh akan menggelar unjuk rasa atau demo di depan Istana Negara, Jakarta pada hari ini, Kamis (29/2/2024).(Sumber: KOMPAS.com/GARRY ANDREW LOTULUNG)
Penulis : Isnaya Helmi | Editor : Edy A. Putra

JAKARTA, KOMPAS.TV - Partai Buruh akan menggelar unjuk rasa atau demontsrasi di Jakarta pada hari ini, Kamis (29/2/2024).

Berdasarkan unggahan lewat akun Instagram resminya, @partaiburuh_, aksi unjuk rasa akan digelar di depan Istana Negara, Jakarta, mulai pukul 09.00 WIB.

"Partai Buruh akan menggelar aksi unjuk rasa di Istana Negara pada tanggal 29 Februari 2024," kata Partai Buruh dalam unggahannya, Rabu (28/2/2024).

"Aksi ini merupakan bentuk dari parlemen jalanan, dimana rakyat secara langsung menyuarakan aspirasi dan tuntutan mereka kepada pemerintah."

Partai Buruh mengeklaim demo akan diikuti oleh ribuan orang dari berbagai lapisan masyarakat, khususnya dari kalangan pekerja dan petani yang terdampak langsung oleh kebijakan pemerintah.

Presiden Partai Buruh sekaligus Presiden Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) Said Iqbal mengatakan aksi unjuk rasa hari ini akan diikuti 1.000-2.000 orang.

Said menyebut para pengunjuk rasa akan menuntut pemerintah untuk salah satunya, menurunkan harga kebutuhan pokok yang melambung.

Baca Juga: Demo Tiga Hari Januari 1968: Turunkan Harga Beras, Turunkan Pemimpin yang Gagal

"Kenaikan harga-harga barang pokok, seperti beras, telur, dan barang pokok lainnya, tentu menyebabkan daya beli masyarakat berkurang hingga 30 persen lebih," kata Said dalam keterangan tertulis, Rabu (28/2).

Terlebih, kata dia, kondisi tersebut diperparah dengan kenaikan upah buruh yang hanya berkisar 2-4 persen.

"Sehingga sudah dapat dipastikan, bahwa kenaikan upah tersebut tidak akan mencukupi atas kenaikan harga bahan pokok yang saat ini terjadi," tegasnya, dikutip dari Kompas.com.

Sebab itu, pihaknya meminta pemerintah segera menurunkan harga-harga bahan pokok, baik itu beras, telur dan sembako lainnya.

Jika harga bahan pokok tidak turun, lanjut dia, akan berimbas pada harga jelang puasa yang akan semakin melambung tinggi dan tak terkendali.

Tak hanya Partai Buruh, massa KSPI juga akan ikut dalam unjuk rasa di depan istana hari ini.

Baca Juga: Mahasiswa dan Dosen UNJ Demo, Soroti Harga Pangan dan Kritik Jokowi


 



Sumber : Kompas TV/Kompas.com


BERITA LAINNYA



Close Ads x