Kompas TV regional papua maluku

Wisata Sejarah Bekas Peninggalan Perang Dunia di Tambrauw

Kompas.tv - 27 Februari 2024, 20:11 WIB
Penulis : KompasTV Sorong

TAMBRAUW, KOMPAS.TV - Saudara bagi anda yang senang berwisata sejarah kami akan ajak anda berkunjung ke Distrik Kwoor, Kabupaten Tambrauw, Papua Barat Daya. Salah satu wilayah di Provinsi yang baru dimekarkan pada akhir Tahun 2022 ini ternyata menyimpan benda-benda peninggalan Perang Dunia kala itu.

Dimana Kabupaten Tambrauw ini menjadi saksi sejarah pertempuran hebat tentara sekutu Amerika Serikat dan pasukan Jepang pada Tahun 1939 – 1945.

Lokasi seluas dua ratus meter persegi ini, terdapat lima tank bekas peninggalan Perang Dunia kedua ke II. Tank buatan Amerika serikat ini telah berusia hampir 80 tahun. 

Dilokasi tersebut Dinas Pariwisata Kabupaten Tambrauw sudah menyiapkan fasilitas jalur trekking sepanjang dua ratus meter, untuk mengitari destinasi wisata sejarah Perang Dunia kedua II di Kwoor. Selama perjalanan wisatawan juga disuguhkan panorama hutan dan sejumlah jenis pepohonan yang memberikan kesejukan.

Untuk sampai ketempat ini pengunjung dapat menggunakan sejumlah moda transportasi, seperti transportasi darat menggunakan mobil dan motor dengan waktu tempuh sekitar empat jam. Apabila dengan transportasi udara, wisatawan menggunakan pesawat jenis caravan dari Bandara Dominic Edward Osok Sorong selama 45 menit perjalanan dan mendarat di Bandara Kwoor Tambrauw. Ada juga moda transportasi kapal laut dengan waktu perjalanan dari pelabuhan Sorong selama 24 jam.

Bagi wisatawan yang ingin berkunjung ke destinasi wisata yang satu ini, tidak perlu khawatir, karena ada sejumlah penginapan dan resort yang disediakan dengan harga yang cukup terjangkau. Bahkan panorama resort sendiri menyuguhkan pemandangan laut lepas yang dapat memanjakan mata. 

Diharapkan wisata sejarah ini dapat memberikan tambahan pemasukan bagi warga Kampung Esmambo, sebab mayoritas masyarakat setempat masih berprofesi sebagai petani dan nelayan.

Sektor pariwisata kini menjadi salah satu prioritas pemerintah Provinsi Papua Barat Daya untuk memacu pertumbuhan ekonomi dan pendapatan asli daerah.

 

 

 

=================================

Music track: Flourish by Pufino

Source: https://freetouse.com/music

Copyright Free Background Music

=================================

Music track: Epic Motivation by Aylex

Source: https://freetouse.com/music

Copyright Free Music (Free Download)

=================================

Music track: Ocean Vibes by Waesto

Source: https://freetouse.com/music

Copyright Free Background Music

=================================



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x