Kompas TV regional berita daerah

Banjir Terbesar Sejak 2018! Ratusan Rumah Terendam, Tanggul Sungai Pemali Jebol!

Kompas.tv - 27 Februari 2024, 15:26 WIB

PEKALONGAN, KOMPAS.TV - Ratusan rumah warga di beberapa desa di Kabupaten Brebes, Jawa Tengah, terendam banjir pada Senin pagi. Enam kecamatan yang terendam banjir adalah Brebes, Wanasari, Jatibarang, Larangan, Bantarkawung, dan Salem. Banjir di Kecamatan Bantarkawung dan Salem telah surut.

 

Beberapa desa yang terendam banjir akibat tanggul Sungai Pemali jebol adalah Desa Glonggong, Jagalempeni, dan Sisalam di Kecamatan Wanasari. Air banjir masih terus mengalir deras masuk ke pemukiman dan rumah-rumah warga.

 

Meskipun air sudah setinggi lutut hingga paha orang dewasa, belum ada warga yang mengungsi. Menurut warga, banjir terjadi akibat tanggul Sungai Pemali yang jebol dan luapan air Sungai Pemali. Banjir kali ini merupakan banjir terbesar sejak 2018.

 

Sejumlah warga tampak menyelamatkan bawang merah yang telah dipanen ke tempat yang lebih tinggi agar terhindar dari genangan banjir. Warga yang tinggal dekat tanggul diimbau untuk waspada karena aliran arus Sungai Pemali masih meluap dan sejumlah titik tanggul kritis sehingga rawan jebol.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x