Kompas TV regional jawa tengah dan diy

Tanggul Jebol, 6 Kecamatan di Brebes Terendam Banjir

Kompas.tv - 27 Februari 2024, 11:04 WIB
Penulis : KompasTV Jateng

BREBES, KOMPAS.TV - Tercatat enam kecamatan di Kabupaten Brebes, Jawa Tengah, tergenang banjir akibat jebolnya tanggul dan meluapnya Sungai Pemali.

Walaupun banjir masih menggenangi rumah warga, namun masih belum ada warga yang mengungsi. Beberapa warga tampak menyelamatkan barang berharga ke tempat yang lebih tinggi.

“Banjir karena Sungai Pemali meluap, tanggul yang di sebelah kiri jebol ke arah pemukiman warga Desa Jagalempeni. Kemudian meluap ke persawahan lalu ke desa,” ujar Sugiyono, warga.

Banjir juga menyebabkan sebagian tanaman padi yang hendak dipanen hanyut. Tak hanya itu, banyak tanaman padi yang belum waktunya panen terancam gagal panen karena terendam banjir.

Beberapa petani terpaksa memanen dini, karena khawatir tanaman padi akan membusuk dan tidak laku dijual jika terendam banjir dalam waktu lama.

“Empat desa kebanjiran semua jadi padi kayanya gagal (panen) soalnya habis kebanjiran itu gosong semua. Padi yang terendam masih bisa dipanen tapi seadanya, tapi kayanya gagal. Ini seharusnya setengah bulan lagi panen,” ucap Suwarto, petani padi.

Akibat jebolnya tanggul dan meluapnya Sungai Pemali di Kabupaten Brebes, arus lalu lintas dari Kota Brebes di jalur Jatibarang menuju Purwokerto terganggu akibat tergenang banjir.

#banjir #brebes  #sungaipemali


 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x