Kompas TV regional jawa timur

Bencana Tanah Longsor di Ngawi Jatim, Dua Rumah Warga Rusak

Kompas.tv - 26 Februari 2024, 21:51 WIB
bencana-tanah-longsor-di-ngawi-jatim-dua-rumah-warga-rusak
Hujan deras yang melanda selama beberapa hari terakhir di Desa Pocol, Kabupaten Ngawi, Jawa Timur, menyebabkan bencana tanah longsor yang merusak dua rumah warga setempat. (Sumber: Antara/Louis Rika)
Penulis : Kiki Luqman | Editor : Deni Muliya

NGAWI, KOMPAS.TV - Hujan deras yang melanda selama beberapa hari terakhir di Desa Pocol, Kabupaten Ngawi, Jawa Timur (Jatim), menyebabkan bencana tanah longsor yang merusak dua rumah warga setempat.

Kepala Desa Pocol, Uswatun Hasanah mengonfirmasi rumah yang rusak adalah milik Minah dan Ngadi, penduduk lokal.

Tanah longsor terjadi setelah hujan deras yang berlangsung cukup lama, dan menyebabkan tebing di belakang rumah mereka ambruk hingga merusak dinding bangunan.

"Sejak beberapa hari sudah hujan deras. Setelah itu, terjadi longsor dan menjebolkan dinding bagian belakang rumah warga," ujar Uswatun di Ngawi, Senin (26/2) dikutip dari Antara.

Untungnya, pada saat longsor terjadi, pemilik rumah sedang berada di bagian depan rumah, sehingga tidak ada korban jiwa dalam peristiwa ini.

Baca Juga: Kronologi Kecelakaan Bus Kader Hanura di Tol Ngawi yang Tewaskan 3 Orang

Warga bersama dengan petugas dari BPBD Kabupaten Ngawi dibantu oleh Tagana, relawan, serta anggota Koramil dan Polsek setempat.

Mereka bersatu untuk membersihkan material longsoran tanah, baik yang menimpa rumah maupun menutupi jalan desa.

Uswatun menilai, tingginya curah hujan selama beberapa hari terakhir menyebabkan tebing longsor, karena tidak mampu menahan aliran air hujan yang meresap ke dalam tanah.

Ia juga mengimbau warga untuk tetap waspada, karena ancaman longsor masih mungkin terjadi di daerah tersebut.

Terutama pada wilayah yang bertebing, mengingat curah hujan yang diprediksi masih tinggi menjelang puncak musim hujan pada bulan Februari.

Petugas mencatat bahwa hingga siang hari Senin, terdapat empat titik tebing yang mengalami longsor di Desa Sine.

Berdasarkan pemetaan BPBD Kabupaten Ngawi, Kecamatan Sine merupakan salah satu dari beberapa wilayah yang rawan terkena bencana tanah longsor saat musim hujan.

Itu bersama dengan Kecamatan Ngrambe, Kendal, dan Jogorogo. Warga di wilayah tersebut diingatkan untuk selalu waspada saat hujan deras berlangsung dalam waktu yang lama.

Baca Juga: Kronologi Kecelakaan Bus Kader Hanura di Tol Ngawi yang Tewaskan 3 Orang



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.