Kompas TV regional sumatra

Imbas Terendam Banjir, Jalan Nasional Jambi-Padang Lumpuh, Kendaraan Mengular

Kompas.tv - 25 Februari 2024, 14:55 WIB
imbas-terendam-banjir-jalan-nasional-jambi-padang-lumpuh-kendaraan-mengular
Ilustrasi banjir. Jalan lintas Sumatera yang menghubungkan Jambi-Padang Sumatera Barat (Sumbar) tak bisa dilewati alias lumpuh total akibat terendam banjir, Minggu (25/2/2024). (Sumber: KOMPAS/RADITYA HELABUMI)
Penulis : Isnaya Helmi | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV - Jalan lintas Sumatera yang menghubungkan Jambi-Padang Sumatera Barat (Sumbar) tak bisa dilewati alias lumpuh total akibat terendam banjir, Minggu (25/2/2024).

Banjir tersebut diakibatkan meluapnya air ke bahu jalan tepatnya di Simpang Ratu Balqis Kecamatan Jujuhan, Kabupaten Bungo Jambi, pada pagi tadi.

"Penyebab ada dua, pertama karena air yang meluap di Simpang Ratu Balqis, kedua sekitar dua kilometer dari titik pertama ke arah Jambi terdapat juga air sungai yang meluap ke jalan nasional," kata Kapolsek Sungai Rumbai, AKP Suyatno, di Pulau Punjung, Minggu.

Ia mennyebut banjir tersebut membuat arus lalu lintas lumpuh dari dua arah, sehingga membuat antrean panjang kendaraan "mengular" dari arah Padang menuju Jambi sudah sampai ke Pasar Sungai Rumbai.

"Tadi sempat bergerak kendaraan, info terbaru tidak jauh dari Simpang Ratu Balqis air sungai juga meluap sehingga menutup bahu jalan," ujarnya.

Di sisi lain, ia mengatakan bahwa dua titik penyebab lumpuhnya arus lalu lintas sudah masuk wilayah Kecamatan Jujuhan, Kabupaten Bungo Jambi. Dimana berbatasan langsung dengan Kecamatan Sungai Rumbai, Kabupaten Dharmasraya Sumbar.

Baca Juga: Pasca Banjir di Lampung, Warga Mulai Bersihkan Rumah dan Perabotan

Dalam kesempatan itu, ia pun memastikan Polsek Sungai Rumbai sudah berkoordinasi dengan Polsek Jujuhan terkait peristiwa tersebut.

Tak hanya itu, personel Polsek Sungai Rumbai, kata dia juga sudah berada di dua lokasi yang menjadi titik kemacetan.

"Personel juga sudah diturunkan ke lokasi untuk untuk melihat situasi secara langsung," jelasnya, dikutip dari Antara.

Sementara itu, salah seorang warga Kecamatan Asam Jujuhan, Kabupaten Dharmasraya, Marhajas menyebut antrean panjang juga terjadi dari arah Jambi menuju Padang.

"Kami dari Asam Jujuhan mau ke ibu kota kabupaten Dharmasraya pagi ini, kemacetan sudah terjadi saat kami memasuki batas Sungai Rumbai," ujarnya, Minggu.

Berdasarkan informasi yang ia dapat, kemacetan tersebut diakibatkan adanya luapan air ke bahu jalan disertai badan jalan yang ambles di Simpang Ratu Balqis.

Baca Juga: Hujan Deras Akibatkan Banjir Bandang di Serang Banten! 15 Rumah Terdampak


 



Sumber : Kompas TV/Antara

BERITA LAINNYA



Close Ads x