Kompas TV regional berita daerah

Protes Dugaan Pemindahan Suara Caleg DPR RI Golkar di Lumajang

Kompas.tv - 23 Februari 2024, 14:58 WIB
Penulis : KompasTV Jember

LUMAJANG, KOMPAS.TV - Sejumlah tim sukses dari salah satu caleg DPR RI dari Partai Golkar memprotes proses rekapitulasi penghitungan suara di PPK Gucialit Kabupaten Lumajang Jawa Timur, pada Rabu (21/2). Protes dilakukan lantaran ada dugaan pemindahan suara partai dan caleg ke salah satu caleg lain.

Salah satu yang protes adalah Ali Murtadho, tim pemenangan dari Caleg DPR RI Partai Golkar nomor urut 1, yakni Muhammad Nur Purnamasidi atau disapa Bang Pur.

Ali menyebut ada dugaan pemindahan suara Caleg Partai Golkar DPR RI di Dapil IV Lumajang-Jember. Suara caleg tertentu diduga dipindahkan ke caleg lain dalam satu partai. Ali mengetahui hal itu setelah jumlah suara dari caleg nomor 4 atas nama Dwi Priyo Atmojo bertambah dari suara sebelumnya.

Baca Juga: Kecurangan Pemilu di Jember, KPU Temukan Plano Dihapus Tipe-X

Para komisioner KPU yang menerima protes dari tim sukses caleg langsung turun ke PPK Gucialit. KPU memutuskan untuk rekapitulasi ulang dengan membuka form C-hasil atau plano, yang kemudian dicocokkan dengan C-hasil salinan, yang dipegang oleh para saksi partai.

Hasilnya memang ada perbedaan perolehan suara dan tidak hanya terjadi PPK Gucialit, ternyata dugaan pemindahan suara juga terjadi di PPK Sumbersuko.

Ketua KPU Kabupaten Lumajang, Yuyun Baharita mengakui ada kesalahan berupa pemindahan suara, namun kesalahan itu diduga karena faktor kesalahan petugas PPK karena kelelahan dalam bertugas.

 

#Kecurangan #Pileg2024 #Pemilu2024



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x