Kompas TV regional sumatra

NEWS OR HOAX - Hasil Hitung Suara Pilpres 2024 Di Luar Negeri | Surat Suara Tercoblos Di Malaysia

Kompas.tv - 22 Februari 2024, 15:01 WIB
Penulis : Kompastv Lampung

VIDEO SURAT SUARA TERCOBLOS DI MALAYSIA

Beredar video yang diklaim Surat Suara pemilu 2024 yang dicoblos secara Ilegal di Malaysia. Video itu memperlihatkan tumpukan surat suara dalam amplop yang kemudian dibuka dan dicoblos. Pencoblosan dilakukan pada surat suara Capres-Cawapres, serta surat suara untuk calon Anggota Legislatif. Dalam penelusuran, tim menemukan beberapa artikel yang berisi Bawaslu dan KPU sedang menyelidiki kasus dugaan surat suara tercoblos tersebut. Komisi Pemilihan Umum menemukan sebanyak 1.972 surat suara di Kuala Lumpur, Malaysia dicoblos oleh orang tak berwenang.  Namun, anggota KPU mengaku belum mendapat informasi secara terperinci, 1.972 surat suara itu sudah tercoblos tersebut asli atau tidak. Jadi, video dengan narasi laporan mengenai surat suara yang telah tercoblos di Malaysia adalah benar dan sedang dalam penelusuran Panwaslu Malaysia.

 

HOAX KOPER BERISI UANG UNTUK PEMENANGAN CALON DI PILKADA 2024

Beredar video yang diklaim memperlihatkan uang dalam sejumlah koper untuk pemenangan Calon tertentu dalam Pilkada 2024. Uang tersebut diklaim untuk serangan fajar alias suap pemilih untuk memenangkan calon yang didukung. Video memperlihatkan proses verifikasi keaslian uang rupiah pecahan Rp 50.000 dan Rp 100.000, menggunakan mesin penghitung dan pemeriksa uang.  Dalam video dijelaskan uang-uang itu berada di salah satu gudang di Surabaya,  Jawa Timur. DIlasir dari Tempo.co, Ktua Bawaslu Jatim mengatakan pihaknya blum menertima lapotran adanya dugaan penyimpanan Uang di Surabya untuk Pilkada 2024. Jadi, video yang diklaim memperlihatkan uang dalam sejumlah koper untuk pemenangan calon tertentu dalam Pilkada 2024 kebenarannya belum terverifikasi.

 

HOAX VIDEO PERHITUNGAN SUARA PILPRES 2024

Beredar video proses penghitungan surat suara Pemilu 2024 berisi seseorang membuka surat suara berulang kali menyebutkan nama Prabowo dan disambut riang oleh warga yang menyaksikan penghitungan tersebut. Namun setelah ditelusuri video penghitungan suara tersebut bukan proses penghitungan suara Pemilu 2024. Melainkan, surat suara dalam video identik dengan kertas suara Pilpres 2019 dengan kandidat pada saat itu Prabowo Subianto yang berpasangan dengan Sandiaga Uno di nomor urut 2. Jadi,  video proses penghitungan surat suara Pemilu yang diklaim terjadi saat Pilpres 2024 adalah tidak benar atau hoaks.

 

#pemilu #dugaanpemilucurang #pilpres2024



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x