Kompas TV regional berita daerah

Bandara SMB II Palembang Perkuat Aspek Keselamatan

Kompas.tv - 22 Februari 2024, 13:35 WIB
bandara-smb-ii-palembang-perkuat-aspek-keselamatan
Petugas Bandara SMB II Palembang saat melaksanakan Ramp Safety Campaign dan Terminal Safety Campaign (Sumber: Bandara SMB II Palembang)
Penulis : KompasTV Palembang

PALEMBANG, KOMPAS.TV - Lalu lintas penerbangan di bandara PT Angkasa Pura II semakin pulih dari pandemi COVID-19, di mana pada 2023 tingkat pemulihan (recovery rate) telah mencapai sekitar 88% dari kondisi normal di 2019.

Di tengah peningkatan lalu lintas penerbangan yang terus melaju ini, AP II bersama stakeholder juga semakin berkolaborasi erat guna menjaga kenyamanan, keselamatan dan keamanan bagi penumpang pesawat di 20 bandara.

Sejalan dengan itu, pada 19-20 Februari 2024, AP II menggelar Apel Peringatan Bulan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) Nasional serta Pencanangan Ramp Safety Campaign (RSC) dan Terminal Safety Campaign (TSC).

Di Bandara Internasional Sultan Mahmud Badaruddin II, RSC dan TSC digelar pada 19 - 21 Februari 2024 untuk memastikan seluruh fasilitas, perlengkapan dan peralatan dapat berfungsi baik dan optimal.

Executive General Manager Bandara Internasional Sultan Mahmud Badaruddin II R. Iwan Winaya Mahdar mengungkapkan, RSC dilakukan di sisi udara. “Fokus dalam Ramp Safety Campaign adalah memastikan seluruh peralatan yang ada di airside dapat optimal dalam mendukung operasional penerbangan. Peralatan tersebut berupa Ground Support Equipment serta kendaraan yang beroperasi di sisi udara dan lain sebagainya,” ujar Iwan.

Sementara itu, Terminal Safety Campaign dilakukan di sisi darat (land side), mencakup antara lain inspeksi OPAL (operasi penertiban arus listrik) dan inspeksi CHSE (cleanliness, health, safety and environment sustainability).

“Inspeksi keselamatan Terminal Safety Campaign ini mencakup pengecekan fasilitas keselamatan di terminal penumpang, seperti misalnya peralatan guna mendukung manajemen keselamatan terkait kelistrikan dan lain sebagainya,” jelas Iwan.

Inspeksi keselamatan RSC dan TSC ini juga dilakukan di seluruh bandara AP II guna memastikan aspek keselamatan dapat dijalankan dengan baik. (*)



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x