Kompas TV regional jawa tengah dan diy

Manfaatkan Kaleng dan Galon Air Sebagai Media Pembelajaran Sastra

Kompas.tv - 21 Februari 2024, 15:22 WIB
Penulis : KompasTV Jateng

SEMARANG, KOMPAS.TV - Pelajaran yang diberikan kepada siswa ini sederhana akan tetapi sangat bernilai. Siswa kelas 4 SD Negeri 1 Tlogosari Wetan Kota Semarang diajak untuk mencintai lingkungan dengan memanfaatkan barang bekas, yakni kaleng dan galon plastik bekas atau disingkat klasik.

Kaleng dan galon bekas ini dijadikan siswa untuk pelatihan menulis sastra dengan tema kasih sayang. Agar bisa digunakan untuk menulis, kaleng atau plastik dicat putih terlebih dahulu dan kemudian siswa menulis sastra bertemakan kasih sayang tersebut.

Sebagian besar siswa menulis tentang kasih sayang orang tua kepada anaknya begitupun sebaliknya.

Memanfaatkan sampah lingkungan sekitarnya agar mempunyai nilai lebih dari yang mungkin biasanya dibuang (seperti) kaleng atau plastik itu cuma dibuang bisa dimanfaatkan sebagai media karya seni menjadi lebih indah jadi tidak cuma biasa ditulis di kertas saja.” ucap Frizka Eman Rusifa

Aoutio Rio Fahrizal, mahasiswa menambahkan “Memberi pelatihan ke peserta didik terutama peserta didik sekolah dasar itu melatih membuat sebuah puisi, selain itu juga mereka bisa tahu bahwa limbah platik atau kaleng bisa dijadikan media yang mana kita jadikan media pot yang bisa dipasang di perumahan atau di sekolah,”

Sejumlah mahasiswa program pendidikan profesi guru prajabatan Upgris Semarang ini memberikan cara sederhana, agar siswa dapat menanfaatkan barang bekas agar mempunyai nilai. Barang tersebut dibuat pot bunga cantik berisi pesan kasih sayang yang rencananya akan dipajang di sekitar sekolah ataupun di rumah.

#kreativitas #pemanfaatanlimbah #barangbekas 

 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x