Kompas TV regional jawa tengah dan diy

Gelar Profesor Kehormatan Anwar Usman Terancam Dicabut Unissula

Kompas.tv - 20 Februari 2024, 14:50 WIB
Penulis : KompasTV Jateng

SEMARANG, KOMPAS.TV - Rektor Unissula Semarang Gunarto menegaskan pihaknya tidak akan gegabah melakukan pencopotan gelar profesor kehormatan yang telah diberikan kepada mantan ketua MK Anwar Usman. Pihaknya akan hati- hati karena pemberian gelar banyak didominasi nilai- nilai akademik.

Lebih lanjut Gunarto menambahkan, pihak akademik akan menunggu peristiwa politik sampai akhir dan keputusan pencopotan menunggu hasil putusan gugatan Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN) yang telah berkekuatan hukum tetap. Menurut  Gunarto, jika tidak hati- hati, rentan dengan gugatan.

“Pencabutan gelar mantan ketua MK memang harus berhati-hati karena itu banyak didominasi nilai-nilai akademik. Kalau masih proses, akademik itu harus menunggu peristiwa politik sampai berakhir dulu. Selain itu, supaya kita tidak digugat apabila tidak berhati-hati,” ucap Gunarto.

Menurut Gunarto, pemberian gelar profesor kehormatan kepada Anwar Usman sudah memenuhi ketentuan perundangan Kemendikbudristek sehingga tindakan sanksi apapun yang kemungkinan akan diberikan juga harus berdasarkan pertimbangan akademik bukan pertimbangan politik.

#anwarusman #mahkamahkonstitusi #unissula 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x