Kompas TV regional berita daerah

Dugaan Ratusan Surat Suara di TPS 19 Way Kandis Telah Tercoblos

Kompas.tv - 16 Februari 2024, 14:10 WIB
Penulis : Kompastv Lampung

LAMPUNG, KOMPAS.TV - Pihak panitia pemungutan surat suara temukan sejumlah surat suara yang telah tercoblos di bagian legislatif DPRD kota dan DPRD provinsi. Akibat peristiwa tersebut pemungutan suarat suara di TPS 9 Perumnas Way Kandis Bandar Lampung terpaksa dihentikan.

Baca Juga: Menarik Minat Warga, TPS Bikin Konsep Hajatan

Hasanudin Alam anggota Bawaslu Bandar Lampung menyampaikan temuan tersebut terjadi pada sekitar pukul 10.30 - 10.45 WIB ketika sebagian pemilih sudah melakukan hak pilihnya.

Peristiwa ini berawal saat ada masyarakat yang hendak melakukan pencoblosan. Namun tiba-tiba ada yang terlihat rusak dan ada 2 pemilih melaporkan temuan tersebut.

Diketahui DPT di TPS 19 ini ada 260 orang. Sebelum temuan ini, warga yang sudah mencoblos ada 115 orang dan sisanya dihentikan.

Selanjutnya para petugas KPPS bersama pengawas TPS, KPU maupun bawaslu membuka surat suara di dalam kotak untuk dilakukan pengecekan dan verifikasi.

Dari hasil kejadian ini, bawaslu sudah mencatatnya dan memasukkan ke dalam kejadian khusus untuk segera dilaporkan terlebih dahulu. 

Dan untuk saat ini, bawaslu dan KPU menghentikan proses pemilihan di TPS 19 Way Kandis sambil menunggu instruksi lanjutan.

#suratsuara #tercoblos #waykandis



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x