Kompas TV regional jawa tengah dan diy

3 Penumpang Tewas dalam Kecelakaan Bus Pariwisata di Bukit Bego Bantul, Diduga karena Rem Blong

Kompas.tv - 9 Februari 2024, 10:31 WIB
3-penumpang-tewas-dalam-kecelakaan-bus-pariwisata-di-bukit-bego-bantul-diduga-karena-rem-blong
Kecelakaan lalu lintas tunggal bus pariwisata diruas Jalan Imogiri-Dlingo, Kecamatan Imogiri, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta (Sumber: ANTARA/HO/Humas Polres Bantul.)
Penulis : Fiqih Rahmawati | Editor : Iman Firdaus

BANTUL, KOMPAS.TV - Kasi Humas Polres Bantul AKP I Nengah Jeffry Prana Widnyana mengatakan bahwa tiga penumpang tewas dalam kecelakaan bus pariwisata di Jalan Imogiri-Mangunan pada tikungan Wanagama Bawah Bukit Bego, Kelurahan Wukirsari, Imogiri, Kabupaten Bantul, pada Kamis (8/2/2024) siang.

Tiga orang yang tewas dalam kecelakaan bus pariwisata di Bantul itu adalah satu laki-laki dan dua perempuan berinisial SW (57), AK (25), dan HS (47).

“Tiga korban yaitu inisial SW yang meninggal di tempat kejadian, kemudian AK dan HS meninggal saat perjalanan ke rumah sakit,” ucap Jeffry, Jumat (9/2/2024).

Baca Juga: Kronologi Kecelakaan Bus Pariwisata di Bantul, 2 Orang Meninggal Dunia

Bus pariwisata dengan nomor polisi E 7607 V yang dikemudikan oleh AF (24), warga Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah, itu membawa 53 penumpang.

Jeffry mengatakan, sebanyak 10 penumpang sudah kembali menggunakan bus, sedangkan sisanya yang mengalami luka-luka masih dirawat di rumah sakit.

Kecelakaan terjadi ketika bus pariwisata tersebut melintas dari arah timur menuju arah barat. Ketika sampai di tempat kejadian perkara (TKP) di tikungan Wanagama, bawah Bukit Bego, sopir membanting stir ke kanan.

Bus jatuh ke kiri dan terseret ke bawah sehingga kecelakaan pun terjadi. Jeffry mengatakan bahwa persneling bus dalam kondisi netral ketika kecelakaan.


 

Berdasarkan keterangan saksi, kondisi jalan di TKP memiliki kontur yang menurun. Jeffry bilang, bus diduga mengalami rem blong sehingga sulit dikendalikan.

Baca Juga: Gara-Gara Sopir Ngantuk, Bus Terjun ke Jurang Sedalam 20 Meter di Cianjur

“Bus mengalami rem blong yang sebelumnya sudah tercium bau kampas rem,” terangnya.

Namun demikian, penyebab pasti kecelakaan lalu lintas bus pariwisata di ruas jalan yang menurun tersebut masih dalam penyelidikan.




Sumber : Antara


BERITA LAINNYA



Close Ads x