Kompas TV regional jawa timur

Dampak Musim Hujan, Harga Tomat Melambung Capai Rp 25 ribu per Kilogram

Kompas.tv - 7 Februari 2024, 19:10 WIB
Penulis : KompasTV Malang

MALANG, KOMPAS.TV - Musim hujan yang terjadi saat ini membuat harga tomat di pasaran terus melambung karena pasokan tomat dari petani berkurang akibat gagal panen.

Hingga saat ini di Pasar Besar Kota Malang, harga tomat terus naik hingga menyentuh angka Rp 25 ribu per kilogram. Bahkan tomat dengan kualitas super mencapai Rp 30 ribu per kilogram.

Kenaikan harga tomat ini terus terjadi sejak satu bulan terakhir. Aliyah, salah satu pedagang bilang bahwa, pasokan tomat dari petani berkurang karena sebagian besar tanaman tomat gagal panen akibat hujan.

Terus melambungnya harga tomat ini diakui pedagang membuat penjualan juga menurun, karena pembeli memilih mengurangi pembelian.

Selain tomat, harga cabai merah besar juga naik yakni Rp 90 ribu dari harga sebelumnya Rp 80 ribu. Berbeda dengan tomat dan cabai merah besar, harga cabai rawit justru turun, dari harga Rp 60 ribu menjadi Rp 40 ribu per kilogram.

"Stoknya kadang kadang gimana ya musim juga kayak gitu, tomat kalo kena hujan kan rusak," Kata Aliyah pada Kompas TV, Rabu 907/02/2024).

Pedagang sendiri tidak bisa memastikan kapan harga tomat akan stabil. Melihat kondisi cuaca saat ini, pedagang memperkirakan harga tomat yang tinggi ini akan bertahan.

 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA


Close Ads x