Kompas TV regional jawa tengah dan diy

BSKDN Kemendagri Dorong Pemkot Semarang Tingkatkan Inovasi

Kompas.tv - 7 Februari 2024, 16:06 WIB
Penulis : KompasTV Jateng

SEMARANG, KOMPAS.TV - Dalam rangka memantau pelaksanaan inovasi di Kota Semarang, Badan Strategi Kebijakan Dalam Negeri (BSKDN) Kementerian Dalam Negeri mengunjungi kantor Bappeda Kota Semarang Selasa (6/2/2024) siang. Kunjungan yang dilakukan bersama dengan tim ini sebagai upaya untuk meningkatkan inovasi Kota Semarang yang sudah tiga tahun menjadi kota inovatif seluruh Indonesia.

Dalam penilaian kota dan provinsi yang memiliki inovasi sangat tinggi, Kota Semarang mendapat penilaian sangat inovatif dari kurun waktu tiga tahun dari Badan Strategi Kebijakan Dalam Negeri Kementerian Dalam Negeri. Dalam melakukan penilaian kota inovatif, BSKDN Kementerian Dalam Negeri menggunakan delapan dimensi sisi kwantitas dan kwaitas peningkatan inovasi.

Kepala BSKDN Kementerian Dalam Negeri, Yusharto Huntoyungo, mengaku, dalam meningkatkan inovasi setelah tiga tahun mendapat predikat sangat inovatif. Kota Semarang perlu melakukan perbaikan perjanjian kinerja pada semua OPD serta Satker, hal ini sebagai upaya untuk membentuk ekosistem dalam memecahkan masalah utama Kota Semarang untuk membantu Wali Kota Semarang.

“Secara umum, Kota Semarang sudah berada pada peringkat tinggi untuk pengukuran indeks inovasi dengan kategori atau predikat sangat inovatif. Namun demikian, sebagai suatu ekosistem inovasi dari waktu ke waktu terus kita tingkatkan. Berdasarkan delapan dimensi pengukuran inovasi yang ada, setidak-tidaknya di Kota Semarang itu dari sisi kwantitas dan kwalitas. Hasil inovasi ini barangkali perlu ditingkatkan. Kami berdiskusi dengan Bappeda dan Brida Kota Semarang disepakati untuk setidak-tidaknya akan menambah jumlah inovasi itu lewat proses diantaranya perbaikan terhadap perjanjian kinerja untuk setiap Bappeda yang ada, akan mengikutsertakan inovasi setiap jenis kegiatan atau progam yang dilaksanakan,” jelas Yusharto.

Sementara itu, kepala badan pelayanan dan perencanaan pembangunan daerah Kota Semarang mengaku dalam meningkatkan inovasi untuk pelayanan kepada masyarakat akan memasukan inovasi dalam satu parameter RPJMD. Selain itu, juga mendorong semua OPD serta satker untuk menyampaikan proposal inovasi yang harus diselesaikan tahun ini.

#semarang #kemendagri #walikota



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x