Kompas TV regional jawa timur

Pembersihan Patung Dewa-Dewi Jelang Imlek

Kompas.tv - 5 Februari 2024, 19:33 WIB
Penulis : KompasTV Malang

MALANG, KOMPAS.TV - Jelang perayaan tahun baru imlek, umat dari Tri Dharma di Klenteng Eng An Kiong Kota Malang melakukan tradisi membersihkan kelenteng dan mencuci seluruh patung atau rupang dewa-dewi yang ada di Klenteng.

Umat Tri Dharma terdiri dari tiga agama yakni Konghucu, Tao dan Budha di Klenteng Eng  An Kiong ini bergotong-royong membersihkan seluruh bagian Klenteng dan altar. Tak lupa, seluruh patung dewa-dewi atau rupang yang ada di dalam kelenteng juga diturunkan untuk dibersihkan

Membersihkan patung atau rupang ini dilakukan sehari pasca sembayang mengantar dewa-dewi ke langit untuk melaporkan amal perbuatan manusia selama satu tahun terakhir kepada Yang Maha Esa.

Herman, salah satu pengurus Klenteng Eng An Kiong ini menyebut, tradisi membersihkan Klenteng dan rupang ini memang memiliki momen tersendiri. Setelah satu tahun Klenteng ini tak pernah sepi oleh umat yang beribadah, mereka mengambil waktu sepekan jelang Imlek untuk membersihkan Klenteng.

"Kalo di Cina sana orang beribadah itu banyak mau bersihkan itu gak bisa makanya kita katakan satu Minggu sebelum Imlek dewanya pulang sebenarnya juga enggak, cuma supaya kita bersihkan saja," Kata Herman.

Pembersihan dan memandikan rupang ini juga dimaksudkan agar, selama perayaan Imlek, umat bisa lebih nyaman dan khusyuk dalam beribadah di klenteng yang usianya hampir dua abad ini.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x