Kompas TV regional jawa tengah dan diy

Akibat Longsor, Akses Jalan di Tiga Desa Terputus

Kompas.tv - 5 Februari 2024, 14:26 WIB
Penulis : KompasTV Jateng

KULONPROGO, KOMPAS.TV - Akses jalan warga di tiga pedukuhan yakni Semak, Boro dan Kembangsari akhirnya terputus akibat longsor yang terjadi pada Rabu sore. Jalan sepanjang 50 meter ambles sedalam satu hingga dua meter dan merosot ke arah jurang.

Warga di satu RT bahkan terisolir akibat longsor yang terjadi di Desa Kembangsari, Banjarasri, Kalibawang, Kulonprogo, Yogyakarta ini. Warga tak berani melintas karena kondisi tanah yang masih labil.

Selain memutus akses jalan, akibat longsor ini juga memutus aliran air PDAM dan Pamsimas milik warga. Akibat bencana ini juga membuat warga yang tinggal di empat rumah terdampak terpaksa mengungsi.

“Longsor berbentuk kapal kuda, jalan penghubung antara Pedukuhan Semak dan Boro. Peristiwa ini mengancam tiga KK, satu KK terpaksa mengungsi atas nama Wiyan Subroto, dikarenakan terancam tanah pekarangannya longsor dan turun satu meter,” jelas Petrus Budi Utomo, dukuh kembangsari

“Tanahnya masih bergerak dan masih terdengar suaranya dan kita jadinya memutar, ya kira-kira satu km,” ujar Yasinta Prihatin, warga

Jalan akses warga inipun ditutup sementara dan warga terdampak diimbau tetap mengungsi mengingat kondisi hujan lebat diprediksi masih akan mengguyur daerah ini hingga beberapa hari ke depan dan kondisi tanah di lokasi kejadian yang masih labil.

#longsor #jalanterputus #kulonprogo



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x