Kompas TV regional berita daerah

Durian Gratis di Desa Lolong, Warga Rela Berdesakan

Kompas.tv - 31 Januari 2024, 03:42 WIB

PEKALONGAN, KOMPAS.TV - Sejak pagi, ribuan warga memadati lapangan Desa Lolong, Karanganyar, Kabupaten Pekalongan, untuk mengantri kupon paket durian. Panitia menyediakan 3.000 paket durian secara gratis kepada warga sebagai bentuk syukur atas panen di musim durian tahun ini. Sebelum dibagikan, warga setempat bersama perangkat desa melakukan doa bersama untuk keselamatan masyarakat.

 

Acara diakhiri dengan pemotongan tumpeng secara simbolis dan penyerahan buah durian kepada perwakilan pemerintah Kabupaten Pekalongan. Usai melakukan doa, warga mulai menukarkan kuponnya kepada panitia untuk mendapatkan paket durian yang sudah dibungkus dengan plastik mika. Mereka yang takut tidak kebagian rela berdesakan menukarkan kuponnya.

 

Setelah ditukar, masyarakat memakan durian di lapangan maupun langsung dibawa pulang. Kepala Desa Lolong, Sholehudin, menyebut di desanya panen durian para petani melimpah dan panjang. Mereka suka rela memberikan durianya untuk dibagikan kepada masyarakat. Awalnya, panitia hanya membagikan 2.024 paket durian, namun karena antusiasme warga akhirnya ditambahkan menjadi 3.000 paket.

 

Desa Lolong merupakan salah satu wilayah di Kabupaten Pekalongan penghasil durian lokal. Hampir sebagian besar warganya menjadi petani durian yang panen dari bulan Desember hingga Februari.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA


Close Ads x