Kompas TV regional berita daerah

Klenteng Tek Hay Kiong Siap Sambut Imlek 2575 Kongzi

Kompas.tv - 30 Januari 2024, 23:23 WIB

PEKALONGAN, KOMPAS.TV - Klenteng Tek Hay Kiong, yang berlokasi di Jalan Gurami, Kelurahan Tegal Barat, Kota Tegal, bersiap menyambut perayaan tahun baru Imlek tahun 2575 Kongzi. Para pengurus dan umat terus berbenah, bergotong royong membersihkan altar dewa atau rumpang, hingga tempat persembahyangan.

 

Bersih-bersih klenteng ini merupakan simbol penyucian diri umat Tri Dharma sebelum memasuki tahun baru Imlek, agar semua perbuatan yang tidak baik luntur serta hati dan pikiran manusia kembali bersih. Bersih-bersih ini juga dimaksudkan agar pelaksanaan persembahyangan berlangsung khidmat saat malam perayaan Imlek pada 10 Februari mendatang.

 

Berbeda dengan perayaan Imlek tahun-tahun sebelumnya, pada perayaan Imlek tahun ini, karena bertepatan dengan tahun politik 2024, klenteng Tek Hay Kiong Kota Tegal tidak menggelar kirab toapekong. Hal ini dilakukan untuk menjaga kondusifitas dan menghindari kerumunan massa yang berpotensi dijadikan ajang politik identitas.

 

Melalui momen perayaan tahun baru Imlek, pengurus dan jemaah klenteng Tek Hay Kiong Kota Tegal berharap pemilu 2024 yang akan berlangsung 14 Februari 2024 berlangsung damai, jujur, dan adil. Pasangan calon terpilih nantinya bisa memimpin masyarakat dengan lebih sejahtera.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.