Kompas TV regional papua maluku

Bimtek Anggota KPPS KPU Ajarkan Gunakan Aplikasi SIREKAP

Kompas.tv - 26 Januari 2024, 16:42 WIB
Penulis : KompasTV Sorong

SORONG, KOMPAS.TV - Sebanyak 15.091 anggota KPPS Se Papua Barat Daya ikuti bimbingan teknis jelang pemungutan suara, dari pantauan komisi pemilihan umum kali ini benar-benar menyeleksi anggota KPPS, agar nantinya dapat bekerja dengan baik tanpa ada gangguan.


Setelah dilantik kamis (25/01/2024), lima belas ribu sembilan puluh satu anggota kelompok penyelenggara pemungutan suara di Papua Barat Daya, mengikuti bimbingan teknis, pada jumat pagi. Dimana dalam bimtek kali ini anggota KPPS akan diajarkan cara penggunaan aplikasi SIREKAP.


Aplikasi sirekap ini merupakan salah satu upaya KPU untuk mempermudah kerja anggota KPPS, belajar dari pengalaman beberapa tahun lalu anggota KPPS banyak ditemukan kelelahan dan bahkan hingga sakit, oleh karenanya selain pemeriksaan kesehatan yang ditetapkan sebagai syarat, penggunaan aplikasi SIREKAP ini juga penting dipahami oleh anggota KPPS.


Sementara itu dari pantauan di KPU Kota Sorong, pelaksanaan bimbingan teknis di selenggarakan Jumat (26/01/2024), dengan mekanismenya bimtek akan dibagi per kecamatan.


Ketua KPU Kota Sorong juga menekankan pada seluruh anggota KPPS untuk memahami penggunaan aplikasi sirekap, sehingga pada saat hari pemungutan suara nantinya mereka dapat menggunakan aplikasi tersebut.


KPU Kota Sorong juga lebih selektif dalam pemilihan anggota KPPS, terutama memperhatikan syarat batas usia anggota KPPS yakni paling tua berusia 55 tahun dan muda berusia 17 tahun. 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x