Kompas TV regional jawa barat

Kronologi Kecelakaan Truk Rombongan Peziarah di Bandung, Diduga Rem Blong, 5 Orang Tewas

Kompas.tv - 26 Januari 2024, 14:27 WIB
kronologi-kecelakaan-truk-rombongan-peziarah-di-bandung-diduga-rem-blong-5-orang-tewas
Lima orang tewas dalam kecelakaan truk bernomor polisi D 8304 WY di Jalan Raya Saguling, Kampung Saleos, Desa Saguling, Kecamatan Saguling, Kabupaten Bandung Barat (KBB), Jawa Barat, Jumat (26/1/2024), sekitar pukul 00.30 WIB. (Sumber: Kompas.com/Bagus Puji Panuntut)
Penulis : Fiqih Rahmawati | Editor : Desy Afrianti

BANDUNG BARAT, KOMPAS.TV - Truk yang membawa rombongan peziarah mengalami kecelakaan di Jalan Raya Saguling, Kampung Saleos, Desa Saguling, Kecamatan Saguling, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat, Jumat (26/1/2024) dini hari sekitar pukul 00.30 WIB.

Insiden ini dibenarkan oleh Kasat Lantas Polres Cimahi AKP Sudirianto yang mengatakan bahwa truk tersebut membawa sebanyak 30 peziarah dari Kampung Cinagrog, Desa Citalem, Kecamatan Cipongkor, Bandung Barat.

Sudirianto menjelaskan bahwa kecelakaan ini bermula ketika rombongan peziarah yang tengah berada dalam perjalanan pulang setelah berziarah di Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, Kamis (25/1/2024).

Baca Juga: Olah TKP Kecelakaan Beruntun di Puncak Bogor, Polisi Duga Ada Faktor Kelalaian

Saat tiba di lokasi kecelakaan, truk dengan nopol D 8304 WY yang disopiri oleh Heri Sudrajat (61) hilang kendali. Kontur jalan yang menurun dan berkelok membuat truk terguling ke kanan.

Seluruh penumpang yang berada di bak terbuka pun berhamburan ke jalan.

“Kondisi jalannya menurun dan memang jalannya rusak. Kendaraan tidak bisa dikendalikan, kemudian terguling sehingga mengakibatkan ada korban karena menumpang di bak terbuka,” kata Sudirianto, Jumat.

Warga sekitar yang menyaksikan kecelakaan ini, Aep Dayeng (46) mengatakan bahwa korban yang terdiri dari anak-anak hingga orang dewasa berhampiran ke tengah jalan raya.

“Ada suara gemuruh, saya langsung keluar rumah. Pas buka pintu, di depan rumah kondisi truk sudah remuk pada posisi melintang menghalangi jalan,” kata Aep.

Ia menuturkan bahwa ada satu korban yang terlindas ban truk akibat truk yang terguling.

“Saya langsung ambil dongkrak dan mengevakuasi, yang lainnya luka berat, kebanyakan di bagian kepala."

Baca Juga: Jumlah Korban Luka Kecelakaan Beruntun di Puncak Bogor Kembali Bertambah, Jadi 17 Orang

Insiden ini menewaskan lima orang, 10 orang luka berat, dan 15 lainnya mengalami luka ringan.

Korban tewas adalah Uhin (28), Sifa (23), Lia (17), Ayim (50), dan Alif (17) yang semuanya merupakan warga Kabupaten Bandung Barat. Adapun, korban luka dibawa ke rumah sakit terdekat.

Penyebab dari kecelakaan tersebut masih ditelusuri, tetapi ada dugaan rem blong.

“Yang pasti dari atas (jalan) itu sepertinya enggak bisa ngerem, lalu terbalik, tapi berdiri lagi, soalnya saya dengar suara keras,” ucap Aep.



Sumber : Kompas.com


BERITA LAINNYA



Close Ads x