Kompas TV regional jawa tengah dan diy

Fenomena Tanah Ambles di Lahan Sawah di Gunungkidul

Kompas.tv - 26 Januari 2024, 13:33 WIB
Penulis : KompasTV Jateng

GUNUNGKIDUL, KOMPAS.TV - Fenomena tanah ambles yang menyebabkan lubang besar terjadi di area persawahan milik warga di Padukuhan Wuni, Kelurahan Melikan, Kecamatan Rongkop, Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta. Ada dua temuan fenomena tanah ambles di lokasi yang sama dengan jarak sekitar 10 meter dari lokasi pertama.

Menurut pemerintah setempat, sebelum kemunculan tanah ambles ini, Wilayah Kapanewon Rongkop diguyur hujan lebat sejak beberapa hari terakhir. Selang satu hari, terbentuklah dua tanah ambles di area persawahan milik warga ini.

Tanah ambles dengan diameter lubang mencapai tiga meter dengan kedalaman mencapai tiga meter, bahkan diameter bawahnya mencapai hingga sekitar lima meter.

“Sabtu sore kami menerima kabar dari pak Bambang, karena lokasi tanah beliau ada di Bolak Kelem. Pada dua hari sebelumnya antara Kamis dan Jumat, terjadi hujan yang sangat lebat, kemudian pada hari Sabtu sorenya terjadi Sinhole ini,” jelas Joko Suripno, Ulu-ulu Desa Melikan ( Pamong Desa )

Untuk mengantisipasi hal yang tidak diinginkan, petugas kepolisian telah memasang garis polisi di sekitar area amblesnya tanah. Hal ini dilakukan karena tanah di bagian bawah semakin membesar dan merongga karena tergerus air. Petugas juga mengimbau agar pemilik tanah lebih berhati-hati saat menggarap sawahnya di area tanah ambles.

Kemunculan tanah ambles di wilayah ini bukan pertama kalinya terjadi. Fenomena alam serupa juga pernah terjadi beberapa tahun yang lalu saat musim penghujan.

#tanahambles #sinhole #gunungkidul



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x