Kompas TV regional jawa tengah dan diy

Kereta Kencana Bupati Pemalang Menarik Perhatian Warga

Kompas.tv - 25 Januari 2024, 12:04 WIB
Penulis : KompasTV Jateng

PEMALANG, KOMPAS.TV - Ribuan warga menikmati keramaian prosesi kirab budaya dalam rangka hari jadi ke 449 Kabupaten Pemalang, Jawa Tengah. Ribuan warga mulai dari anak-anak hingga orang dewasa tumpah ruwah menyambut arak-arakan.

Dan yang paling ditunggu oleh warga adalah kedatangan kereta kencana yang dinaiki oleh Bupati Pemalang dan istri. Warga tak hanya bersorak sorai, namun sebagian warga berebut untuk bisa foto di samping kereta kencana.

Bupati Pemalang, Mansyur Hidayat, menyebut, hari ulang tahun menjadi momentum untuk melestarikan budaya lokal. Budaya merupakan jati diri dan karakter bangsa tersebut, senantiasa dilestarikan, bangsa yang berdaulat merupakan bangsa yang berbudaya. Dia mengaku sangat terkesan atas antusiasme masyarakat yang sangat tinggi terhadap pagelaran kirab budaya tersebut.

“Kita menyatukan pemerintahan dengan budaya yang ada di Kabupaten Pemalang dan menyatukan simbol dari seluruh masyarakat, bahwa Pemalang dibangun dengan semua 10 komponen-komponen yang ada di Kabupaten Pemalang,” ujar Mansyur.

Arak-arakan ini diiringi ratusan pengawal berpakaian ala keraton serta iring-iringan kesenian dan budaya dari warga setempat. Ribuan warga yang sudah menunggu di sepanjang jalan yang dilalui iring-iringan tampak antusias menikmati keindahan budaya tradisi ini. Kirab dilakukan sepanjang 10 kilometer dari Desa Sungapan, Kecamatan Taman, sampai hingga Pendopo Kabupaten Pemalang dengan waktu tempuh sekitar tiga jam jalan kaki.

#keretakencana #bupatipemalang #pemalang



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x