Kompas TV regional sulawesi

BMKG Makassar Keluarkan Peringatan Dini Gelombang Tinggi hingga 25 Januari 2024

Kompas.tv - 24 Januari 2024, 00:05 WIB
bmkg-makassar-keluarkan-peringatan-dini-gelombang-tinggi-hingga-25-januari-2024
Ilustrasi. Seorang pria mengamati gelombang tinggi di Manado, Sulawesi Utara, Selasa (14/2/2023). (Sumber: ANTARA FOTO/Adwit B Pramono)
Penulis : Kiki Luqman | Editor : Edy A. Putra

MAKASSAR, KOMPAS.TV - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Stasiun Meteorologi Maritim Paotere Makassar telah mengeluarkan peringatan dini terkait prakiraan gelombang tinggi di wilayah Perairan Sulawesi Selatan. 

Menurut Koordinator Bidang Observasi dan Informasi BMKG Stasiun Meteorologi Maritim Paotere Makassar, Mujahidin, peringatan dini tersebut berlaku selama tujuh hari ke depan, mulai 20 Januari pukul 20.00 Wita hingga 25 Januari 2024 pukul 20.00 Wita.

"Peringatan dini berlaku tujuh hari ke depan mulai 20 Januari pukul 20.00 Wita dan 25 Januari 2024 pukul 20.00 Wita," kata Mujahidin, Selasa (23/1/2024), dikutip dari Antara.

Dilansir akun media sosial BMKG Stasiun Meteorologi Maritim Paotere Makassar, terjadi siklon tropis anggrek di Samudra Hindia barat daya Bengkulu, pada koordinat 12°05' Lintang Selatan dan 92°17' Bujur Timur.

Baca Juga: Peringatan Dini BMKG, Waspada Hujan Lebat Disertai Angin Kencang di Sejumlah Daerah di Indonesia

Pola angin di wilayah Indonesia bagian utara umumnya bergerak dari Utara Timur Laut dengan kecepatan angin sekitar 625 knot.

Sedangkan di wilayah Indonesia bagian selatan, umumnya bergerak dari Barat Barat Daya dengan kecepatan yang sama.

Menurut pantauan BMKG, kecepatan angin tertinggi di perairan Sulawesi Selatan mencapai 20-30 knot di daerah Selat Makassar bagian selatan. 

Prakiraan tinggi gelombang dengan skala sedang (moderate sea) mencapai 1,25 meter sampai 2,5 meter, berpeluang terjadi di beberapa wilayah seperti Perairan Parepare, Perairan Spermonde Pangkep bagian barat, Perairan Spermonde Pangkep, dan Perairan Spermonde Makassar bagian barat.

Adapun ketinggian gelombang dengan skala tinggi (rough sea) antara 2,5 meter sampai 4 meter berpeluang terjadi di Perairan barat Kepulauan Selayar dan Selat Makassar bagian selatan.

Baca Juga: Peringatan Dini BMKG: Perhatikan Risiko Tinggi Gelombang untuk Keselamatan

BMKG Wilayah IV Makassar memprakirakan cuaca di wilayah Sulawesi Selatan dan sekitarnya pada 24 Januari 2024 pagi, cerah berawan dengan potensi hujan ringan di Kabupaten Barru.

Sedangkan hujan sedang diprediksi akan terjadi di Kabupaten Gowa, Kota Makassar, Kabupaten Maros, Pangkep, dan Takalar.

Lalu pada siang dan sore hari, berpotensi hujan ringan di seluruh wilayah Sulawesi Selatan, kecuali beberapa daerah yang berawan seperti Kabupaten Bantaeng, Bone, Bulukumba, Jeneponto, Kepulauan Selayar, Kota Parepare, Kabupaten Pinrang, Sinjai, Soppeng, dan Wajo.


 



Sumber : Antara


BERITA LAINNYA



Close Ads x