Kompas TV regional jawa tengah dan diy

Merapi Erupsi, Jalan dan Kendaraan Diselimuti Abu Vulkanik

Kompas.tv - 23 Januari 2024, 11:59 WIB
Penulis : KompasTV Jateng

BOYOLALI, KOMPAS.TV - Minggu (21/1/2024) siang, erupsi Gunung Merapi terlihat dari wilayah Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah. Tampak awan panas sepanjang 2.400 meter mengarah ke barat daya. Sedangkan arah angin menuju ke wilayah sisi timur Gunung Merapi.

Akibat erupsi Merapi, sejumlah desa di empat kecamatan di Kabupaten Boyolali yakni Kecamatan Tamansari, Musuk, Selo dan Kecamatan Cepogo yang berada di sisi timur Gunung Merapi mengalami hujan abu dengan ketebalan sedang.

Hujan abu yang bercampur dengan air membuat material abu menempel di jalanan dan kendaraan milik warga. Abu yang bercampur dengan air juga membuat jalanan desa menjadi licin.

“Hujan abu itu dari Selo, Sepi, Jerakah, sampai Pasar Sayur Cepogo. Alhamdulillah agak tebal, ini baju sampai kotor kayak gini, kotor sampai rambut-rambut,” ujar Indirozani, warga.

Sementara itu, menurut kepolisian setempat, hujan abu kini sudah mereda karena hujan yang sempat mengguyur.

“Dari hasil informasi rekan-rekan tadi menyebutkan beberapa Desa Wonodoyo yang letaknya memang dekat sekali dengan puncak. Kemudian Desa Jombong, Gedangan terus Desa Sumbung, di Mliwis tadi juga nampak ada hujan abu. Jadi di sekitar pasar sayur juga nampak. Kondusif, seperti yang dilihat, malah kelihatan bersih karena hujan tadi,” jelas AKP Agung Setyawan, Kapolsek Cepogo.

Selain Boyolali, hujan abu juga sempat turun di Klaten, Jawa Tengah. Namun, hingga kini warga masih beraktivitas normal dan tidak mengungsi.

#gunungmerapi #erupsimerapi #boyolali



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA


Advertorial

Madiun Maju Mendunia | VVIP

27 April 2024, 15:37 WIB

Close Ads x