Kompas TV regional jawa tengah dan diy

Petugas Imunisasi Kecamatan Polokarto Jemput Bola Vaksinasi Polio

Kompas.tv - 22 Januari 2024, 11:53 WIB
Penulis : KompasTV Jateng

SUKOHARJO, KOMPAS.TV - Aksi jemput bola vaksinasi polio dilakukan petugas imunisasi dari Puskesmas Polokarto bersama Pemerintah Kecamatan Polokarto, dan TNI-Polri di Desa Bakalan, Kecamatan Polokarto, Kabupaten Sukoharjo, Jawa Tengah, Kamis (18/1/2024) pagi.

Petugas secara bersama-sama mendatangi secara door to door ke rumah warga. Selain untuk menjemput, petugas juga memberikan edukasi untuk meyakinkan para orang tua balita yang menjadi sasaran mau menerima vaksinasi polio.

Kepala Puskesmas Polokarto, Novia Dwi Ernawati, menjelaskan, jemput bola vaksinasi polio ini dilakukan untuk mensukseskan Pekan Imunisasi Nasional (PIN) Polio yang dilakukan secara serentak di Jawa Tengah. Perlu adanya jemput bola karena terdapat puluhan sasaran di Desa Bakalan tidak hadir saat dijadwalkan untuk vaksinasi polio.

Ketidakhadiran sasaran ini disebabkan oleh sejumlah faktor, diantaranya karena kendala transportasi dan adanya keraguan warga untuk mengikuti vaksinasi polio. Maka pihaknya bersama pihak terkait melaksanakan jemput bola agar tercapainya target vaksinasi polio, sehingga dapat memutus mata rantai persebaran polio.

“Kita bersama lakukan vaksinasi, kita sudah menyiapkan ambulan puskesmas untuk menjemput bola juga sasaran. Yang kedua memang ada beberapa penolakan, kami bekerja sama dengan puspita untuk menegasi sasaran agar mau diimunisasi polio,” ujar Novia.

Sementara itu, salah satu orang tua balita Dwi Suryati, mengatakan, saat dijadwalkan mengikuti vaksinasi polio di desa, ia dan kedua anaknya tidak bisa hadir. Selain itu, dirinya juga sempat meragukan soal vaksinasi polio. Namun, setelah didatangi petugas dan diberi pengertian, pemberitahuan serta sosialisasi pentingnya vaksinasi polio, dirinya kemudian merasa yakin. Akhirnya ia bersama kedua anaknya mau ikut untuk menerima vaksinasi polio.

“Sedikit tidak percaya soalnya apa lah gitu. Terus dikasih binaan, kasih pemberitahuan terus saya jadi yakin, saya ikut ke sini,” jelas Dwi Suryati.

Gerakan pekan imunisasi nasional polio dilakukan dalam rangka mencegah lumpuh layu pada anak-anak.

#vaksinasipolio #desabakalan  #sukoharjo



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.