Kompas TV regional jawa tengah dan diy

Imunisasi Polio di Keluharan Cabean Tidak Ada Penolakan

Kompas.tv - 22 Januari 2024, 11:18 WIB
Penulis : KompasTV Jateng

SEMARANG, KOMPAS.TV - Pemberian vaksin dalam rangka Pekan Imunisasi Nasional (PIN) Polio digencarkan pemerintah Kota Semarang di 177 kelurahan. Salah satunya melalui kegiatan pos pelayanan terpadu (Posyandu) di lingkup RW. Seperti halnya yang sedang dilakukan posyandu di RW 3, Kelurahan Cabean, Kota Semarang. Selain melakukan pemantauan pertumbuhan anak-anak dengan usia 0-7 tahun ini diberikan tetesan vaksin polio oleh petugas kesehatan dari puskesmas.

Lurah Cabean Kota Semarang, Suci Warno, mengatakan, Sub PIN Polio di Kelurahan Cabean sudah rampung. Anak-anak di wilayah kelurahan cabean telah mendapatkan vaksin polio dari posyandu masing-masing RW maupun dari sekolah. Suci juga mengatakan sejauh ini warganya tidak ada yang menolak anaknya diberikan vaksin polio.

“Alhamdulillah tidak ada penolakan dan semua merespon baik mengikuti program dari pemeritah,” terang Suci.

Sementara orang tua dari anak yang mendapat vaksin polio menyambut baik adanya Sub PIN Polio ini, pasalnya vaksin ini sangat bermanfaat terutama untuk kesehatan anak-anak agar terhindar dari lumpuh layu.

“Bisa mencagah polio dan untuk daya tahan tubuh anak akan lebih bagus. Sebelumnya sudah di vaksin reguler polio dan ini tambahan dari pemerintah juga sudah,” ujar Dian, warga.

Vaksinasi polio serentak ini bertujuan mencegah kejadian luar biasa (KLB) polio menyusul ditemukannya tiga kasus lumpuh layu akibat virus polio di Jawa Tengah dan Jawa Timur. Vaksin yang digunakan pada Sub PIN Polio merupakan vaksin generasi terbaru yaitu Novel Oral Polio Vaksin Tipe 2 atau Nopv2. Selain di posyandu vaksin polio juga bisa didapatkan secara gratis di puskesmas bahkan pelaksanaan Sub PIN Polio juga dilakukan di sekolah-sekolah.

#vaksinpolio #pekanimunisasi #semarang



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA


Advertorial

Madiun Maju Mendunia | VVIP

27 April 2024, 15:37 WIB

Close Ads x