Kompas TV regional berita daerah

Kepala Staf Angkatan Darat Tinjau Food Estate Kostrad

Kompas.tv - 19 Januari 2024, 15:35 WIB
Penulis : KompasTV Sukabumi

SUKABUMI, KOMPAS.TV - Kepala Staf Angkatan Darat Jendral Maruli Simanjuntak melakukan kunjungan kerja ke Wilayah Kabupaten Sukabumi Jawa Barat, untuk melihat lahan pertanian dan peternakan yang dibangun oleh Komando Startegis Angkatan Darat Kostrad, di Kecamatan Ciemas Kaupaten Sukabumi.

 
Food estate ala TNI Angkatan Darat ini, dibangun di lahan tidur milik PTPN, seluas 980 hektar are, dengan tujuan untuk meningkatkan ketahanan pangan Indonesia. Hingga saat ini sudah 700 hektar lahan yang digarap TNI bersama warga sekitar, dengan ditanami palawija, hotikultura, buah buahan, padi, hingga peternakan ayam dan sapi.

Food estate ini sudah bisa mengasilkan panen jagung mencapai 4 ton. Sementara saat ini ditanami singkong seluas 300 hektar. Selain itu tanaman hotikuktura, seperi cabe dan sayuran sudah siap panen. Food estate inipun mengasilkan hewan ternak konsumsi yaitu sapi yang sudah mencapai 65 ekor, dan ayam jenis kub sebanyak 5000 ekor.


Pemanfaatan lahan kosong menjadi lahan pertanian menguntungkan warga sekitar.  Pengelolaannya pun bekerjasama dengan warga, ementara TNI sudah membangun projek serupa di 5 wilayah di Indonesia salah satunya di Sukabumi.

 

Sahabat Kompas TV Sukabumi! Jangan lupa like, comment, dan subscribe channel YouTube Kompas TV Sukabumi, juga aktifkan lonceng notifikasi agar tidak ketinggalan update mengenai isu-isu terkini di Indonesia.

Jangan lewatkan live streaming Kompas TV 24 jam non stop di https://www.kompas.tv/live.

Sosial Media Kompas TV Sukabumi:
YouTube : https://www.youtube.com/c/KompasTVSukabumi/videos
Instagram : https://www.instagram.com/kompastvsukabumi
Facebook : https://www.facebook.com/redaksikompastvsukabumi
Twitter : @ktvsukabumi



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x